PON 2016 Cabang Renang Perairan Terbuka

Jabar Tambah Emas di Cabor Renang Perairan Terbuka

Ahmad Rofahan    •    26 September 2016 17:31 WIB
pon 2016
Jabar Tambah Emas di Cabor Renang Perairan Terbuka
Ricky Anggawidjaya (tengah) meraih medali emas renang perairan terbuka (Foto: MTVN/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Indramayu: Perenang tuan rumah Jawa Barat Ricky Anggawidjaya berhasil meraih medali emas nomor 5.000 meter putra cabang renang perairan terbuka di Perairan Pantai Tirtamaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin 26 September 2016.

Medali emas Ricky Anggawidjaya merupakan emas ketiga untuk kontingen Jabar dari cabor renang terbuka di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar.

Ricky meraihnya dengan perjuangan keras. Pasalnya di posisi kedua alias medali perak yang diraih perenang Bali Dewa Gede Anom Arthatanasay, selisih waktunya tipis sekali. Sementara perunggu diraih Clief Fernando Ricky dari Kalimantan Timur.
 
(Baca juga: Jadwal Perebutan Medali PON 2016 Hari Ini)

Sejak start, Ricky harus bersaing ketat dengan Dewa Gede Anom. Bahkan hingga menyentuh garis finish kedua perenang saling kejar-kejaran di lintasan. Selisih waktu antara Ricky dan Dewa hanya 2,5 detik. Ricky mencatatkan waktu 1 jam 7 menit 52,1 detik, sedangkan Dewa menyusul dengan selisih waktu 1 jam 7 menit 54,8 detik. Di posisi ketiga Clief Fernando dengan waktu 1 jam 8 menit 14,5 detik.
 
“Ini medali emas yang luar biasa. Sedikit lambat saya kalah,” tutur Ricky usai pengalungan medali di Pantai Tirtamaya oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) Indramayu Letkol Benny Febrianto. dalam rilis yang diterima metrotvnews.com.
 
Dengan raihan emas Ricky, maka kontingen tuan rumah Jabar, berhasil mengoleksi tiga medali emas di cabor ini. Dua emas lain diperoleh perenang putra di nomor 10.000 meter, Afiah Fadlan Prawira dan 10.000 meter putri melalui Yossy V Yosaputra. Dari enam medali emas, tersisa dua emas lagi yang akan dipertandingkan, Selasa 27 September, yakni di nomor 3.000 meter putra dan putri.
 
Video: DKI Dominasi Medali di Cabang Atletik


(RIZ)