Pelajar Rela Antre Demi Saksikan Pembukaan Peparnas

Roni Kurniawan    •    15 Oktober 2016 16:26 WIB
peparnas 2016
Pelajar Rela Antre Demi Saksikan Pembukaan Peparnas
Antrean para pelajar yang hendak masuk ke tribun selatan Stadion Siliwangi Bandung untuk menyaksikan upacara pembukaan Peparnas XV/2016 Jawa Barat. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan pelajar menyerbu Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu 15 Oktober 2016. Ratusan siswa dari berbagai tingkat pendidikan itu rela antre untuk bisa menyaksikan langsung upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat pada pukul 15.30 WIB.

Pantauan Metrotvnews.com sejak pukul 15.00 WIB, ratusan pelajar sudah memadati area Stadion Siliwangi. Pasalnya Kota Bandung sempat diguyur hujan sejak pukul 11.00 WIB yang membuat penonton membludak menjelang acara dimulai.

"Iya, tadi soalnya sempat hujan, jadi kita baru datang sekarang," ujar Devi, 16, salah siswa dari SMA swasta di Bandung.

Devi mengaku datang ke kawasan Stadion Siliwangi sejak pukul 15.00 WIB saat hujan mulai reda bersama puluhan teman-temannya. 

Sementara itu, akses jalur Jalan Lombok yang merupakan pintu masuk tribun utara, selatan, dan barat ditutup petugas sejak pukul 12.00 WIB. 

Saat ini proses pembukaan Peparnas telah dimulai yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Peparnas adalah ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet penyandang disabilitas Indonesia. Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan. Di Peparnas, atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya.

Dulunya, Peparnas disebut Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas), namun kemudian kata 'cacat' diganti dengan kata 'paralimpiade' seiring perkembangan yang terjadi di dalam organisasi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Indonesia.

Peparnas XV/2016 Jabar mempertandingkan 13 cabang olahraga dan diikuti 1.983 atlet dari 33 provinsi. 

 


(UWA)