Liga Bocah Indonesia

Liga Basket Tingkat Sekolah Dasar Siap Digelar

Krisna Octavianus    •    18 Januari 2017 19:24 WIB
bola basket
Liga Basket Tingkat Sekolah Dasar Siap Digelar
Foto: MTVN/Krisna Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada pertengahan 2017 akan segera diselenggarakan suatu kompetisi bola basket antar Sekolah Dasar (SD) yakni, Liga Bocah Indonesia (LBI). Rencananya akan digelar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Riau.

Ary Sudarsono, selaku penggagas program ini menilai bahwa adanya LBI didasari oleh pemikirannya akan perkembangan olahraga basket di Tanah Air yang umumnya memiliki penggemar yang sangat bervariasi, mulai anak- anak, remaja, pemuda, bahkan di kalangan para pemain yang sudah lanjut usia.

Didasari akan hal ini, timbul-lah gagasan untuk menggelar sebuah wadah kompetisi bola basket khususnya untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) yang diharapkan nantinya akan berskala Nasional. LBI diharapkan bisa menjadi pijakan dasar untuk membentuk pemain basket profesional pada masa mendatang.

"Liga Bocah Indonesia tidak hanya berbicara sebagai kompetisi bola basket antar SD semata, tetapi LBI akan menanamkan wadah pendidikan karakter cinta tanah air, cinta keluarga, serta mengerti arti dari nilai-nilai luhur olahraga," ujar Ary Sudarsono kepada wartawan dalam acara diskusi di FX Sudirman, Jakarta.
 

Baca: Yamaha Boyong Rossi dan Vinales ke Jakarta

 
Nantinya, setiap pemain yang berlaga di LBI diwajibkan memiliki nilai raport yang bagus. Bahkan, mereka tidak bisa mendapat gelar pemain terbaik kalau nilai mereka pas-pasan. Selain itu, siswa yang berlaga di LBI juga wajib hafal Indonesia Raya dan Pancasila. Kompetisi LBI rencananya akan diikuti oleh para siswa sekolah dasar usia 8-12 tahun. 

Panitia LBI juga siap bekerja sama dengan para sponsor. Mereka mengaku terbuka dengan sponsor, baik swasta maupun pemerintah demi terselenggaranya LBI. Terlebih, mereka juga akan membuka komunikasi dengan kementerian terkait, seperti Kemendikbud dan Kemendiknas.

"Secara realistis ini merupakan program baru yang membutuhkan biaya dan juga perlu disiapkan baik SDM maupun prasarana-nya. Karena kita tahu, belum terlalu banyak sarana olahraga yang representatif khususnya GOR Basket di Indonesia. Untuk itu saya berharap program ini bisa menjadi suatu acuan yang perlu didukung oleh para sponsor dan kementerian terkait," lanjut Ary Sudarsono.


(Ari Sudarsono selaku penggagas LBI saat berbicang dengan Ketua Umum Perbasi, Dani Kosasih dalam konferensi pers penyelenggaraan Liga Bocah Indonesia. Foto: MTVN/Krisna Octavianus)

Ketua Umum Perbasi Dani Kosasih juga menyambut baik adanya Liga Bocah Indonesia. Ia berharap event LBI akan berkelanjutan dan memberikan sumbangsih nyata untuk perkembangan bola basket di Indonesia.
 
"Perbasi akan mendukung penuh kegiatan LBI, karena program ini bukan hanya menggelar kompetisi saja, tapi membina karakter anak secara positif. Selain itu kompetisi LBI juga sebagai ujung tombak pembinaan yang tujuannya juga ke arah timnas. Ini juga sejalan dengan program pembinaan FIBA Development yakni Winning is Not Everything (menang bukanlah segalanya)," ujar Ketua Umum Perbasi Dani Kosasih memberikan komentar.
 

Baca juga: Tontowi/Gloria Belum Tersentuh

 

Hal lainnya yang juga diperhatikan dalam gelaran ini adalah melibatkan langsung peran para orang tua murid dan guru. Mereka akan terlibat aktif mengikuti rangkaian kegiatan pendukung lainnya, seperti lomba poco-poco dan juga kontes keterampilan skill lainnya.
 
Peserta LBI akan memperebutkan piala yang bernama Piala Proklamator. Sementara untuk pemain terbaik akan mendapatkan Piala Amran Andi Sinta. Nama tersebut diambil dari nama mantan pemain basket nasional era 1990-an yang tahun lalu meninggal dunia karena kanker paru-paru. 

Video: Jelang SEA Games 2017, 24 Pebasket Putri Seleksi Timnas
 


(ACF)