Jelang Asian Games 2018

TransJakarta Siapkan Rute Khusus saat Asian Games

Rendy Renuki H    •    25 Juni 2018 18:35 WIB
transjakartaasian games 2018
TransJakarta Siapkan Rute Khusus saat Asian Games
Bus Transjakarta melintas di Koridor 13 Tendean-Ciledug ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta: PT TransJakarta akan menyiapkan rute khusus saat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September. Rute itu dibuat demi kenyamanan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan sejumlah cabang olahraga di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Hal itu diungkapkan Wibowo selaku Kepala Humas TransJakarta. Ia yang menyebut tujuan rute khusus itu untuk mempermudah masyarakat mengakses kawasan GBK, terutama di daerah penyangga Ibu Kota seperti Bekasi, Tangerang, dan sekitarnya. 

Apalagi, pada saat gelaran Asian Games nanti, beberapa jalan protokol sekitar kawasan GBK akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Hanya TransJakarta koridor satu jurusan Blok M-Stasiun Kota saja yang masih beroperasi, dan terdapat halte GBK di koridor tersebut.

Klik: TransJakarta Siap Kawal Asian Games 2018


"Kita sedang merancang rute khusus. Jadi nanti masyarakat yang tinggal di Bekasi dan Tangerang yang mau menonton pertandingan Asian Games tidak perlu pakai kendaraan pribadi," tutur Wibowo saat dihubungi Medcom.id, Senin, 25 Juni 2018.

"Cukup parkirkan kendaraannya, lalu naik TransJakarta. Jadi nanti ada rute-rute dan layanan yang kita siapkan untuk Asian Games ini," sambungnya.

Berbicara operasional reguler, terutama di koridor satu jurusan Blok M-Stasiun Kota, ia pun mengatakan sudah mengantisipasi. Pasalnya, koridor satu akan digunakan sebagai jalur Asian Games (Asian Games line) yang dilewati kendaraan operasional atlet dan ofisial untuk akses mereka dari wisma atlet Kemayoran ke GBK dan sebaliknya.

"Kita sih sudah siapkan (strategi). Tentu yang prioritas (di jalur busway koridor satu) adalah tetap mengantarkan atlet dan ofisial. Karena mereka kan akan bertanding," kata Wibowo.

"Jam operasional sendiri tetap normal. Kalau atlet bisa menggunakan fasilitas TransJakarta pukul 10.00 WIB sampai 23.00 WIB. Kalau koridor TransJakarta sendiri kan sudah 24 jam sekarang," tutupnya.

 


(AHL)