Puncak Perayaan Haornas 2018 Tinggal Hitungan Jam

Rendy Renuki H    •    09 September 2018 15:47 WIB
olahragaberita kemenpora
Puncak Perayaan Haornas 2018 Tinggal Hitungan Jam
Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari menyerahkan obor Asian Para Games 2018 kepada atlet disabitas Risal Assor. (Foto: Medcom.id/Rendy)

Ternate: Kota Ternate, Maluku Utara, siap menggelar puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018. Pusat acaranya akan berlangsung di Stadion Gelora Kie Raga pada Minggu 9 September malam WIT. 

Malam puncak Haornas 2018 menjadi akhir dari pesta olahraga di Ternate. Sebelumnya, sejak Jumat 7 September lalu, telah digelar berbagai rangkaian kegiatan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan perangkat daerah setempat.

Mulai dari pameran olahraga yang diikuti oleh 40 Usaha Kecil Menengah (UKM) dan lembaga di Dhuafa Center, hingga seminar kepemudaan mengenai pergaulan sehari-hari dan bahaya narkoba turut mewarnai perjalanan menuju malam puncak Haornas 2018. Selain itu, ada kegiatan program Gala Desa 2018.

Klik: Untuk Pertamakalinya Petenis Putri Jepang Menang Grand Slam

Sejak pagi tadi, kegiatan Sepeda Nusantara 2018 telah membuka rangkaian perayaan Haornas 2018. Animo masyarakatnya tinggi, meskipun eventnya menempuh jarak 10 kilometer. Setidaknya, ada sekitar 2.000 peserta yang turut meramaikan. 

Momen lain yang turut mengisi perjalanan malam puncak Haornas 2018 adalah pawai obor Asian Para Games 2018 yang bergulir pukul 19.00 WIT. Api abadi yang sebelumnya bermalam di Kedaton Kesultanan Ternate diarak keliling Kota Seribu Benteng.

Menpora Imam Nahrawi, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, serta perwakilan atlet disabilitas Risal Assor secara bergantian membawa obor. Paradenya, berakhir di Pantai Falajawa yang menjadi ikon baru Ternate.

Klik: Bangka Belitung Siap Menggelar Indonesia Masters 2018

Pada acara malam puncak Haornas 2018 malam nanti, Menpora akan memberikan sejumlah penghargaan kepada pelaku, pembina, dan penggerak olahraga. "Termasuk para guru olahraga dan para pejabat yang telah mendedikasikan dirinya kepada dunia olahraga," kata Menpora.

Selain itu, malam puncak Haornas 2018 juga akan diisi oleh penampilan sejumlah artis Tanah Air dan kesenian daerah. Mulai dari penyanyi Cakra Khan, hingga penampilan kesenian Bambu Gila, Tari Soya-soya dan lainnya.

Malam puncak Haornas 2018 akan ditutup dengan pelepasan api obor Asian Para Games 2018. Setelah itu, pawai obor akan menuju Makassar, Sulawesi Selatan. 

Video: Mengenal Legenda Panahan Indonesia, Tiga Srikandi




(KAU)