Kejuaraan MTB XC-M Sukses Terselenggara di Tanjung Lesung

Kautsar Halim    •    30 September 2018 11:14 WIB
Kejuaraan MTB XC-M Sukses Terselenggara di Tanjung Lesung
(Foto: Kautsar / Medcom.id)

Banten: Kejuaraan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XC-M) telah rampung terselenggara di Tanjung Lesung, Banten, Sabtu 29 September 2018. Event bertaraf internasional ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival Pesona Tanjung Lesung yang terselenggara selama tiga hari (28-30 September).

Terdapat 112 partisipan yang terlibat dalam penyelenggaran MTB XC-M. Selain diikuti para atlet nasional, event ini juga dimeriahkan oleh beberapa pembalap asing yang berasal dari Selandia Baru, Spanyol dan Amerika Serikat. Mereka semua tampil sambil membawa nama klubnya.

Ada lima kelas yang dilombakan di ajang MTB XC-M, yakni Men Open, Women Open, Men Junior (13 - 18 tahun), Master A (30 - 39 tahun), dan Master B (40 tahun ke atas). Kendati demikian, Men Open dan Women Open merupakan kelas yang paling bergengsi.

Dikatakan paling bergengsi karena kelas tersebut diikuti oleh putra-putri tim nasional Indonesia. Jadi, mereka sekalian memanfaatkan event ini untuk  tampil lebih baik di ajang internasional yang sudah menunggu, salah satunya SEA Games 2019.

Pertunjukan pencak silat khas Banten mengawali start MTB XC-M yang dimulai pukul 07.30 WIB. Kelar pertunjukan sekitar 30 menit, Andika Hazrumy selaku Wakil Gubernur Banten mendapat kehormatan mengangkat bendera start sebagai tanda lomba telah dimulai.

Bukan tugas mudah bagi untuk menyelesaikan MTB XC-M. Pasalnya, para peserta ditantang menyelesaikan jarak sejauh 50 kilometer dengan berbagai jenis lintasan yang berbeda, misalnya jalan berbatu, aspal, pasir karang dan juga tanah. Selain itu, jalanannya juga ada yang berliku serta menanjak.

Meski begitu, pesona alam dan kearifan lokal di Tanjung Lesung diyakini bisa sedikit meringankan kesulitan itu. Sebab, lintasannya melewati pantai nan indah, perkampungan warga yang ramah serta  hutan yang masih asri. Setidaknya, semangat finis para peserta tak akan surut dengan keindahan tersebut.

Lomba bergulir kurang dari dua jam, sudah ada peserta yang mampu finis. Ia adalah Zaenal Fanani yang tak lain merupakan jawara sepeda gunung nasional. Di belakangnya dengan selisih sekitar tiga menit, ada Rafika M. Farishi yang juga atlet timnas Indonesia. Keduanya saling bersaing membela klubnya masing-masing.

Pembalap tuan rumah atau dari tim ISSI Cilegon, Deni Ari Yulianto, harus rela finis di urutan ketiga. Selisih dia cukup jauh dengan Zaenal dan Farishi karena  baru finis dengan catatan waktu 2 jam 7 menit 12 detik. Torehan itu diikuti oleh Ihza Muhammad yang finis keempat.

Para peserta kelas Men Open urutan tujuh besar berhak naik podium juara. Sedangkan, untuk kelas Women Open hanya diambil lima besar. Seremoni penyerahan hadiahnya dilakukan secara bergiliran dengan kelas lainnya setelah makan malam di Tanjung Lesung Beach Hotel and Resort pada malam hari.

"Ini event bagus bagi Indonesia yang tidak terlalu sering menyelenggarakan lomba sepeda gunung. Trek di sini punya tantangan tersendiri, khususnya ketika melewati perkampungan warga," kata sang juara, Zaenal, saat ditemui Medcom.id seusai naik podium.

”Saya harap bisa lebih banyak lagi event seperti ini dan saya juga tertarik tampil di sini lagi apabila kembali terselenggara pada tahun depan," tambahnya.

MTB XC-M hanya salah satu keseruan dari dari Festival Pesona Tanjung Lesung didukung Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan sport tourism di Indonesia. Besok, Minggu 30 September, masih ada perhelatan Rhino X-Tri yang tak kalah menarik dan menantang. 

Berikut hasil lengkap kelas Men Open dan Women Open MTB XC-M:

Men Open 
1. ZAENAL FANANI – THRILL FACTORY TEAM – 1 jam 55 menit 23 detik
2. RAFIKA M. FARISHI – PACIFIC BIKE
01:57:23
3. DENI ARI YULIANTO – ISSI CILEGON – 02:07:12
4. IHZA MUHAMMAD – ISSI LUMAJANG – 02:10:43
5. MAYDANIL ARHAN – ISSI LUBUKLINGGAU – 02:14:13
6. JITO – ISSI KAB. SERANG – 02:25:33
7. BAHKRI NURMAYWAN – ASIAN MOUNTAIN BIKE – 02:33:43

Women Open
1. NOVIANA – BATIK AIR RACING TEAM – 2 jam 42 menit 52 detik
2. ROHIDAH – THE BULLY RACING TEAM – 02:48:49
3. SITI SUPI CHALIFAH – ISSI KAB. BOGOR – 02:54:20
4. RIRIN RIZKY AMALIA – ROMLY NATURE – ISSI KOTA TANGERANG – 03:12:22
5. SELSA AYU DILI – BUMI SIAK PUSAKO (RIAU) – 03:14:41

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai