Kejuaraan Asia

Sebanyak 27 Negara Ikut Kejuaraan Karate Asia di Makassar

   •    08 November 2016 18:59 WIB
olahragakarate
Sebanyak 27 Negara Ikut Kejuaraan Karate Asia di Makassar
Karateka Umar Syarief (kiri) saat berlaga dengan Karateka Caesar George dalam final Kumite Individual putra +84 kilogram Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Sasana Budaya Ganesha, Minggu (18/9). Umar menang telak atas Caesar dengan skor 9-1 sehingga

Metrotvnews.com, Makassar: Sebanyak 27 negara siap meramaikan kejuaraan karate Asia bertajuk "15th AKF Championship 2016" di Gedung Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, 21-27 November 2016 mendatang.

Ketua Panitia AKF 2016 Ruslan Abu di Makassar, Selasa 8 November 2016, mengatakan 27 negara itu di antaranya Myanmar, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunie Darussalam, Vietnam, Hongkong, Nepal.

"Selanjutnya Makau, Jepang, Korea Selatan, Kyrgystan, Yordania, Tiongkok, Iran, Srilangka, China Taipeh, Suriah, Uzbekistan, Kazakhstan, India, UEA, Pakistan, Irak, Arau Saudi termasuk Indonesia selaku tuan rumah," katanya.

Ia menjelaskan, para peserta dari setiap negara akan tampil di sejumlah kategori dan kelas pertandingan di antaranya untuk kategori cadet (kelas -47kg, -54kg, +54kg putri, -52kg putra, -57kg putra, 63kg putra, -70kg putra dan +70k putra).

Sedangkan untuk kategori junior juga mempertandingkan sejumlah kelas yakni kumite -48kgputri, -53kg putri, -59kg putri +59 kg putri). Sementara untuk kategori U-21 juga mempertandingan beberapa kelas seperti kumite -55kg puta, -61kgputra, -68kg putra, -76kg putra serta +76 kg putra.

"Kita juga mempertandingkan nomor kata putra dan putri untuk setiap kategori tersebut. Artinya persaingan nanti akan lebih seru karena mempertandingkan lebih banyak kelas," jelas Ruslan yang juga Ketua Bidang Usaha dan Pendanaan Forki Sulsel.

Ketua Harian Forki Sulsel Ellong Tjandra menyatakan penunjukkan Makassar sebagai tuan rumah memang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi provinsi dan tentu pengurus Forki di daerah tersebut.

Baca: LeBron James Masuk Pemain Tersubur NBA Sepanjang Masa

Dirinya juga mengaku akan berupaya memberikan layanan terbaik kepada setiap kontingan atau delegasi sehingga pelaksanaan bisa berjalan sukses dan lancar.

Mengenai kesiapan sarana dan prasarana di Makassar, dirinya mengaku tidak khawatir. Sebab Makassar sendiri memang memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan Akbar di antaranya ketersediaan hotel berbintang, transportasi, dan bandara internasional Sultan Hasanuddin Makassar membuat dirinya semakin percaya diri.

Selain itu,  Makassar juga sudah memiliki pengalaman menjadi tuan rumah sejumlah kejuaraan internasional seperti kejuaraaan sofbol ASEAN, kejuaraan dayung Asia, dan kejuaraan ski air se-Asia.(ant)

Video: Pasukan Real Madrid Terima Mobil Baru dari Audi
 


(RIZ)