Australia Open 2019: Bangganya Tsitsipas Menyingkirkan Roger Federer

Muhammad Al Hasan    •    21 Januari 2019 18:00 WIB
tenis australia open
Australia Open 2019: Bangganya Tsitsipas Menyingkirkan Roger Federer
Roger Federer bersalaman dengan Stefanos Tsitsipas, petenis muda Yunani yang menyingkirkannya di babak 16 besar Australia Open 2019. (Foto: Jewel SAMAD / AFP)

Federer memberikan apresiasi besar kepada Tsitsipas yang dinilainya tampil sangat baik dan konsisten. Sementara Tsitsipas tidak bisa menggambarkan rasa gembiranya berhasil mengalahkan petenis yang jadi idolanya sejak ia masih berusia enam tahun.

Melbourne:
Juara bertahan Roger Federer harus mengubur impiannya mempertahankan gelar Grand Slam Australia Open. FedEx tersingkir di babak 16 besar usai dibekuk petenis muda asal Yunani Stefanos Tsitsipas. 

Maestro tenis asal Swiss itu kalah 6-7 (11-13), 7-6 (7-3), 7-5 dan 7-6 (7-5) saat bertanding di Melbourne Sports and Entertainment Precinct di Melbourne, Victoria, Australia, Minggu 20 Januari.

Kekalahan ini terasa mengejutkan. Sebab, Federer punya rekor apik di Australia Open. Dalam 16 penampilannya, ini adalah kali kedua Federer gagal menembus babak perempat final. Sebelumnya, ia hampir selalu mampu menjejakkan kakinya minimal di perempat final. Bahkan, enam di antaranya ia keluar sebagai juara.
 

Baca: Cedera, Jorge Lorenzo Harus Jalani Operasi


Terkait kekalahan mengejutkan ini, Federer memberikan apresiasi besar kepada Tsitsipas yang dinilainya bermain sangat gemilang dan konsisten.

"Saya kalah dari pemain yang lebih baik yang bermain dengan sangat baik. Dia tetap tenang dan bertahan di sana, yang tidak mudah bagi pemain yang lebih muda, jadi kredit khusus kepadanya," ungkap Federer.

Sementara itu, Tsitsipas tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya bisa mengalahkan petenis yang jadi diidolainya sejak usianya enam tahun. Tsitsipas saat ini baru berusia 20 tahun.
 

Baca juga: Pacquiao Kembali Menantang Mayweather Berduel


"Saya orang yang paling bahagia di dunia saat ini, saya tidak bisa menggambarkannya. Saya mengalahkan idola saya yang hari ini jadi saya," ujar Tsitsipas usai pertandingan seperti dikutip dari BBC.

"Momen ini jelas sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan," tambahnya.

Lolos ke babak perempat final, Ttsitsipas akan berhadapan dengan petenis asal Spanyol, Roberto Bautista Agut yang lolos ke babak delapan besar usai mengalahkan Marin Cilic lewat pertarungan lima set, 6-7 (6-8), 6-3, 6-2, 4-6 dan 6-4.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Menanti Revolusi PSSI



(ACF)