Olimpiade 2016 Cabang Basket Putri

Timnas Basket Putri AS Raih Medali Emas Keenam Berturut-turut

Krisna Octavianus    •    21 Agustus 2016 06:38 WIB
olimpiade 2016
Timnas Basket Putri AS Raih Medali Emas Keenam Berturut-turut
Timnas Baket Putri AS seusai mengalahkan Spanyol (Foto: EMMANUEL DUNAND / AFP)

Metrotvnews.com, Rio de Janiero: Prestasi menawan diiukir penggawa basket tim nasional Amerika Serikat (AS) putri. Mereka berhasil meraih medali emas dan itu menjadi medali emas keenam secara berturut-turut tim putri AS di ajang Olimpiade.

Diana Taurasi dan Lindsay Whalen mencetak 17 poin masing-masing untuk Amerika Serikat. Kemenangan atas Spanyol menjadi kemenangan beruntun ke-49 semenjak meraih medali perunggu pada Olimpiade Barcelona 1992.

Final impian tersaji saat AS dan Spanyol bertemu di final. Spanyol yang berstatus tim peringkat ketiga dunia memberikan perlawanan ketat pada awal pertandingan.

Namun, perlawanan Spanyol hanya sampai kuarter ketiga. Pasalnya, selepas itu, AS mendominasi begitu luar biasa dan tak membiarkan pemain Spanyol berkembang.

Pemain AS yang lebih tenang dan berpengalaman mampu mengunci kemenangan 101-72 untuk mengklaim medali emas keenam berturut-turut atau total yang kedelapan semenjak basket putri dipertandingkan pada Olimpiade Montreal 1976.

Sementara itu, medali perunggu berhak jatuh ke tangan timnas putri Serbia. Serbia berhasil menang atas Prancis 70-63 pada perebutan tempat ketiga.


(KRS)