Jelang Asian Games 2018

Anggaran Pelatnas 2018 Mencapai Rp800 Miliar

Kautsar Halim    •    02 Desember 2017 19:03 WIB
olahragaasian games 2018
Anggaran Pelatnas 2018 Mencapai Rp800 Miliar
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi membeberkan kesiapan dana  yang bakal dikucurkan pemerintah untuk mendukung Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) pada 2018. Jumlahnya ia sebutkan mencapai Rp800 miliar.

"Kami anggarkan dana sebesar Rp800 miliar untuk 2018. Alokasinya akan diarahkan kepada 40 cabang olahraga, termasuk cabang olahraga prioritas dan nomor event prioritas," kata Imam di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (2/12/2017).

Imam berada di Kompleks GBK untuk mendampingi presiden Joko Widodo meresmikan empat fasilitas olahraga, yakni Lapangan Panahan, Lapangan Sepak Bola ABC, Lapangan Hoki, dan Gelanggang Renang. Dalam kesempatan itu, turut hadir juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menkeu Sri Mulyani.


Klik: Terdampak Erupsi Gunung Agung, Gelaran Lombok Marathon Diundur


Sementara ini, lanjut Imam, sisa anggaran Pelatnas 2017 akan diarahkan kepada 23 cabang olahraga. Anggaran Itu sengaja diberikan agar para atlet nasional bisa semakin mantap menjalani pelatnas untuk Asian Games 2018.

Soal pencairan dana pelatnas, dijelaskan Imam sudah dilengkapi dengan petunjuk Teknis (juknis), petunjuk pelaksanaan (juklak), pedoman umum, serta peraturan menteri (permen). Hanya saja untuk realisasinya masih perlu waktu. 

“Juknis, juklak sampai pedoman umum dan Permen sudah kami siapkan. Kami hanya butuh waktu untuk bertemu dengan orang yang khusus menangani keuangan di cabang olahraga,“ pungkas Imam.

Empat venue di Kompleks GBK sudah resmi rampung direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018. Dengan begitu artinya, masih ada sembilan venue lagi yang dalam pembangunan. Rencananya, semua venue sudah bisa diresmikan pada akhir Desember 2017.




(KAU)