SEA Games 2017

Tak Mencapai Target di SEA Games 2017, Menpora Minta Maaf

Rendy Renuki H    •    31 Agustus 2017 12:05 WIB
sea games 2017
Tak Mencapai Target di SEA Games 2017, Menpora Minta Maaf
Menpora Imam Nahrawi (Tengah) saat melakukan jumpa pers di Kantor Kemenpora. (Foto: MTVN/Rendy Renuki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan permohonan maaf atas pencapaian kontingen Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia. Ia menyebut akan melakukan upaya besar demi membenahi prestasi Indonesia, terlebih menjelang persiapan Asian Games 2018.

"Kita ingin menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih serta penghargaan setingginya kepada seluruh atlet, ofisial, dan juga KOI, Satlak PRIMA dan seluruh pihak yang sudah berjuang untuk Indonesia," ujar Imam saat jumpa pers di Kantor Kemenpora, Kamis (31/8/2017).

Bertanding di 35 cabang olahraga dan mengirimkan 534 atlet, 166 pelatih dan manajer, Indonesia hanya meraih 38 medali emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Jumlah tersebut membuat Indonesia hanya menempati peringkat kelima klasemen akhir medali.

Baca: Atlet Peraih Emas SEA Games Mengeluh soal Akomodasi, Ini Jawaban Kemenpora


"Terkait tidak terpenuhinya target dan perkembangan yang terjadi, selain mohon maaf kami tentu akan melakukan upaya besar, karena olahraga soal harga diri bangsa," sambung Imam.

Baca: Jusuf Kalla Siapkan Rencana Dongkrak Prestasi Asian Games


"Penyelesaian masalah ini tidak bisa dilakukan parsial, tapi secara menyeluruh. Hal ini akan saya akan lakukan dengan terobosan kebijakan baru dengan tidak melanggar aturan," tutupnya.

Pencapaian SEA Games 2017 Malaysia membuat Indonesia mencatatkan hasil terburuk sepanjang sejarah ikut serta di ajang multievent dua tahunan ini. Bahkan, pencapaian kali ini lebih buruk dari gelaran SEA Games 2015 Singapura lalu di mana Indonesia mampu menggondol 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

Video: Upacara Penutupan SEA Games 2017 Digelar Meriah



(ASM)