Jelang Asian Games 2018

LADI Sosialisasikan Zero Doping Asian Games 2018

Alfa Mandalika    •    07 Juni 2017 11:05 WIB
asian games 2018
LADI Sosialisasikan Zero Doping Asian Games 2018
(Foto: Ant/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan sosialisasi dengan target zero doping pada pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.     

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun dan memperkuat kebersamaan dalam perang melawan doping. Harapan kami kegiatan ini menjadi wadah sosialisasi menyatukan tujuan kita," kata ketua LADI Zaini Khadafi Saragih dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Sosialisasi yang dikemas dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) LADI di Hotel Jayakarta Jakarta hingga hari ini melibatkan pihaknya yang selama ini bersinggungan langsung dengan atlet yaitu perwakilan induk organisasi cabang olahraga (PP/PB).

Kegiatan ini, kata Zaini, sangat penting dilakukan karena masalah doping perkembangannya cukup cepat termasuk zat-zat apa saja yang saat ini tidak boleh digunakan oleh atlet pada sebuah pertandingan baik level nasional maupun internasional.

Baca: PBSI Tetap Bidik 3 Medali Emas


"Saat ini adalah momentum yang tepat dimanfaatkan untuk sharing sebagai evaluasi dan informasi bagi kita yang berkomitmen zero doping Asian Games 2018," kata Zaini Khadafi menegaskan.
    
Apa yang dikatakan Zaini didukung penuhi ketua dewan penasehat LADI James Tangkudung. Pihaknya menilai peran serta induk organisasi olahraga dalam memerangi doping sangat besar, apalagi Indonesia juga banyak dihadapkan dengan kejuaraan internasional.
    

Baca: Ferrari di Mata Ecclestone


"Asian Games dan Asian Paragames 2018 harus bersih dari doping. Kita harus banyak belajar dari kasus Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Peparnas di Jawa Barat lalu," katanya.
   
Pada PON dan Peparnas 2016 ada 14 atlet yang gagal lolos doping. Sebagian mereka sudah mendapatkan sanksi dan sebagian melakukan banding. Hanya satu atlet yang dinyatakan terbebas dari sanksi yang diberikan Dewan Disiplin Banding. (Ant)
   
Video: Nishikori Kalahkan Verdasco Dalam 4 Set
 


(ASM)