SEA Games 2017

Enam Cabor jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2017

Krisna Octavianus    •    15 Mei 2017 17:57 WIB
sea games 2017
Enam Cabor jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2017
Cabor silat salah satu cabor andalan Indonesia di SEA Games 2017 (Istimewa)

Metrotvnes.com, Jakarta: Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Ahmad Sutjipto menyebut ada enam cabang olahraga (cabor) yang berpotensi mendulang banyak medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Keenam cabor itu adalah atletik, balap sepeda, bulu tangkis, pencak silat, angkat besi, dan karate.

Satlak Prima sebelumnya menargetkan Indonesia bisa membawa pulang 50-60 medali emas pada ajang multievent olahraga dua  tahunan tersebut. Menurut analisis Ahmad Sutjipto, dengan 50-60 medali, Indonesia bisa berada di peringkat keempat.

Namun, diakuinya, peluang Indonesia mendulang banyak medali sedikit terhambat karena 10 cabang olahraga andalan Indonesia tidak dipertandingkan. Sementara, Malaysia memasukkan tujuh cabor baru yang kurang familiar di Indonesia untuk dipertandingkan.

Baca juga: Kontingen Renang Indonesia Tambah Dua Medali Perak di ISG 2017

"SEA Games Kuala Lumpur mempertadingkan 38 cabor, 405 nomor tanding (number event). Dari 38 cabor, ada 10 cabang atau 10 disiplin nomor yang menjadi andalan kita tidak dipertandingkan, antara lain rowing, kano, perahu naga, angkat besi putri, voli pantai, beberapa nomor perlombaan sepeda, tinju putri, futsal purti, gulat, karate nomor-nomor kumite tertentu tidak dipertandingkan. Dari cabor-cabor tadi kita kehilangan hampir 30 medali emas, itu menjadi faktor yang sangat memengaruhi perolehan medali kita," ungkap Pak Cip, sapaan Ahmad Sutjipto, kepada Metrotvnews.com, Senin (15/5/2017).

Meski begitu, Pak Cip menyebut ada enam cabor masih berpotensi mendulang banyak medali emas pada SEA Games yang akan digelar pada 19-30 Agustus itu. 

Baca juga: Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Emas di Ajang ISG 2017

"Ada beberapa, contohnya: atletik, karate walau dihapus beberapa nomor kumite, mereka bisa dapat tiga (medali emas). Lalu, pencak silat bisa, tapi harus waspada Malaysia adalah tuan rumah dan berhubungan dengan sistem penjurian. Balap bepeda, Bulu tangkis bisa dua medali emas. Tidak ada lompatan-lompatan besar. Angkat besi mungkin bisa tiga medali emas. Tidak banyak berubah memang," ujar Ahmad Sutjipto.

Sebagai informasi, Malaysia memutuskan mempertandingkan tujuh cabor baru yang kurang familiar di Indonesia. Hal itu berpotensi memicu Indonesia kehilangan banyak medali emas.  Cabor-cabor yang dimasukkan adalah lawn ball, net ball, ski es, rugby seven, cricket, hoki es, dan petangue. Dari tujuh cabor ini, Ahmad Sutjipto menyebut Malaysia bisa ambil 30 medali emas.

Video: Conte Bawa Chelsea Juara Liga Primer 2016-2017
 


(RIZ)