Gowes Pesona Nusantara Berlangsung Meriah di Bogor

Kautsar Halim    •    03 September 2017 19:28 WIB
olahraga
Gowes Pesona Nusantara Berlangsung Meriah di Bogor
Suasana start Gowes Pesona Nusantara Kota Bogor.

Metrotvnews.com, Bogor: Gowes Pesona Nusantara (GPN) Etape Kujang Bogor berlangsung tidak kalah meriah dengan GPN di wilayah Indonesia lainnya. Berbagai ciri khas daerah setempat ditonjolkan dengan baik dan pesertanya pun terhitung sangat banyak.   

Alunan permainan angklung dari sekitar 150 pelajar SD mengiringi pelepasan start GPN 2017 Etape Kujang Bogor. Lokasi startnya berada di halaman Stadion Pajajaran, Bogor, dan berlangsung pada Minggu 3 September pagi WIB.

Pelepasan start GPN dilakukan langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya dan Staf Ahli Menpora Bidang Antar Lembaga, Dra Adiati Noerdin. Sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat setempat juga tidak ketinggalan mengikuti GPN 2017.

"Bogor sangat berterima kasih sekali dengan kepercayaan yang diberikan Kemenpora untuk menggelar acara Gowes Pesona Nusantara," kata Bima Arya saat menyampaikan kata sambutan.


Klik: Menghina Wasit, Fabio Fognini Diusir dari US Open


GPN 2017 Etape Kujang Bogor diikuti oleh sekitar 1.500 peserta dari beragam kalangan dan usia. Rutenya berjarak tempuh sekitar 20 km dan sengaja dibuat melintasi berbagai objek wisata seperti Tugu Kujang, Taman Corat-Coret, dan Lembah Hijau.  

Sama seperti penyelenggaraan GPN sebelumnya, seremoni pengambilan tanah dan air juga dilakukan di Bogor. Mata air Tirta Kahuripan dipilih sebagai air yang mewakili Kota Bogor, sedangkan tanahnya berasal dari Kebun Raya Bogor yang terkenal asri.

"Mudah-mudahan dengan diserahkannya air dan tanah dari kerajaan Pajajaran, NKRI akan semakin solid," kata Bima merespons seremoni pengambilan tanah dan air tersebut.


Klik: Finis Posisi Kelima, Sean Gelael Persembahkan untuk Indonesia


Adiati mengaku sangat gembira melihat antusiasme warga Kota Bogor ketika mengikuti GPN 2017. Ia berharap  kebersamaan masyarakat dalam menjaga kebugaran itu bisa menjadi rutinitas di setiap ada kesempatan.

"Terima kasih kepada warga Bogor yang begitu antusias terhadap Gowes Pesona Nusantara. Acara ini merupakan salah satu program unggulan Kemenpora. Dengan berolahraga tubuh kita akan selalu bugar," kata Adiati.

Sebagai realisasi imbauan Kemenpora yang menginginkan masyarakat Indonesia rutin berolahraga, pemerintah  Bogor ternyata punya program tersendiri yang tak kalah menarik. Diklaim oleh Bima, pihaknya memang mewajibkan stafnya untuk bersepeda setiap hari Jumat.

"Warga Bogor memang sangat menyukai olahraga. Biasanya mereka senang berjalan, jogging dan bersepeda," pungkas Bima. (RO)

 


(KAU)