Kaleidoskop Olahraga 2017

Oktober: Indonesia Boyong Dua Gelar di Prancis, Hamilton Kunci Juara Dunia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    27 Desember 2017 07:30 WIB
kaleidoskop olahragakaleidoskop 2017
Oktober: Indonesia Boyong Dua Gelar di Prancis, Hamilton Kunci Juara Dunia
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: PBSI)

Jakarta: Hasil buruk di Denmark Open terobati saat dua andalan bulu tangkis Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Greysia Polii/Apriani Rahayu pulang dengan gelar juara. Sementara di ajang Formula 1, Lewis Hamilton sukses mengunci gelar juara dunia pada GP Meksiko.

Indonesia memastikan membawa pulang dua gelar pada turnamen French Open superseries Premier 2017. Kepastian itu terjadi setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih gelar juara usai mengalahkan wakil Tiongkok Zheng Siwei/Chen Qingchen di final.

Tontowi/Liliyana mengikuti jejak rekan mereka sebelumnya di sektor ganda putri, di mana Greysia Polii/Apriani Rahayu memenangkan gelar setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan straight game 21-17 21-15.

Bagi Owi/Butet ini merupakan kedua kalinya mereka naik podium utama di French Open. Sebelumnya mereka pernah meraih juara French Open pada 2014 lalu. Raihan ini merupakan gelar keenam mereka dalam enam final yang mereka capai sejak Olimpiade Rio 2016 lalu.

Beralih ke balap F1, Hamilton mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim 2017 di GP Meksiko, Senin 30 Oktober dini hari WIB. Pembalap Mercedes itu tetap menjadi juara dunia untuk keempat kalinya meski gagal naik podium di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodrigurez, Meksico City.

Hamilton sejatinya hanya finis di urutan kesembilan dalam balapan seri ke-19 ini. Ia bahkan terpaut waktu satu lap dari pembalap yang finis di urutan pertama, Max Verstappen.

Pembalap Britania tersebut mengunci gelar setelah tambahan dua poin membuatnya meraih 333 poin di puncak klasemen pembalap. Poin Hamilton sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh Vettel yang berada di posisi kedua setelah tinggal menyisakan dua seri lagi di Brasil pada 12 Novemer dan Abu Dhabi pada 26 November mendatang.

Bulan Oktober banyak terjadi peristiwa penting di pentas olahraga. Berikut ini medcom.id merangkum dalam kaleidoskop spesial sepanjang tahun 2017.

1 Oktober

- Verstappen Rayakan Ulang Tahun dengan Memenangi Balapan F1 GP Malaysia

Pembalap Red Bull Max Verstappen merayakan ulang tahun ke-20 nya dengan cara spesial. Ia memenangkan balapan F1 GP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu 1 Oktober. Selengkapnya klik tautan ini.

4 Oktober

- Indonesia Sabet 2 Emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2017

Kontingen Indonesia berhasil menambah satu medali emas pada hari terakhir penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 di Rusia, Selasa 3 Oktober 2017. Secara keseluruhan, Indonesia meraih dua medali emas dan menempati juara tiga dari total 17 negara. Selengkapnya klik tautan ini.

- Halep Paksa Sharapova Bertekuk Lutut di Tiongkok Terbuka

Maria Sharapova kembali menelan pil pahit dalam kariernya di dunia tenis. Terkini petenis asal Rusia itu tersingkir dari Tiongkok Tebuka, Rabu 4 Oktober. Selengkapnya klik tautan ini.

8 Oktober

- Vettel Gagal Finis, Hamilton Menangi F1 GP Jepang

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton kian melebarkan jarak dengan saingan terdekatnya, Sebastian Vettel. Kondisi ini tak lepas dari kemenangan yang diraihnya F1 GP Jepang hari ini. Selengkapnya klik tautan ini.

9 Oktober

- Paceklik Gelar Nadal di Tiongkok Terhenti

Rafael Nadal mengalahkan Nick Kyrgios di final untuk meraih gelar Tiongkok Terbuka 2017. Petenis asal Spanyol itu menang straight set 6-2 6-1, Minggu 8 Oktober. Selengkapnya klik tautan ini.

10 Oktober

Daud Yordan Putuskan Turun Kelas

Petinju profesional Indonesia Daud Yordan memutuskan turun ke kelas bulu super (59 kilogram). Padahal, sebelumnya Daud berada di kelas ringan (61,2 kilogram) dan mampu bersaing di kelas tersebut. Selengkapnya klik tautan ini.

12 Oktober

- Indonesia Terhenti di Babak Delapan Besar

Langkah Indonesia akhirnya terhenti di babak delapan besar BWF World Junior Championship (WJC) 2017 di GOR Amongrogo Yogyakarta pada Kamis, 12 Oktober 2017. Indonesia kalah 1-3 dari Tiongkok. Selengkapnya klik tautan ini.

- Wali Kota Surabaya Resmikan Lapangan Atletik Standar Internasional

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan lintasan atletik berstandar internasional di Lapangan Tot Heil Onzer Ribbenkast (THOR), kawasan di Jalan Dharmawangsa, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 12 Oktober 2017. Selengkapnya klik tautan ini.

13 Oktober

- Indonesia Hajar Thailand Usai Dikalahkan Tiongkok

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 3-1 pada perebutan peringkat lima hingga delapan beregu  BWF World Junior Championships 2017, Kamis 12 Oktober. Meski tak berhasil lolos ke semifinal, tim junior tetap berusaha maksimal untuk memperoleh posisi sebaik mungkin. Selengkapnya klik tautan ini.

14 Oktober

- Tim Bulu Tangkis Junior Indonesia Finis Kelima di Kejuaraan Dunia

Indonesia hanya mampu finis di urutan kelima nomor dalam nomor beregu ajang BWF World Junior Championships 2017. Itu dipastikan setelah Tim Merah Putih menaklukkan India pada Jumat 13 Oktober. Selengkapnya klik tautan ini.

- Tiongkok Juara Bulu Tangkis Dunia Junior

Tim bulu tangkis junior Tiongkok berhasil menjuarai ajang BWF World Junior Championship (WJC) 2017. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Malaysia 3-1 pada babak final yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Selengkapnya klik tautan ini.

15 Oktober

- Pecundangi Marquez, Dovizioso Secara Dramatis Juara GP Jepang

Andrea Dovizioso berhasil merebut gelar juara MotoGP seri Jepang, Minggu 15 Oktober siang WIB. Dia menang setelah secara dramatis membalap Marc Marquez jelang garis finis. Selengkapnya klik tautan ini.

- Ratusan Pebulu Tangkis Dunia Berwisata ke Candi Prambanan

Para atlet bulu tangkis BWF World Junior Championship (WJC) 2017 mengunjungi kawasan wisata Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta pada Minggu, 15 Oktober. Itu mereka lakukan usai merampungkan pertandingan dari nomor beregu. Selengkapnya klik tautan ini.

16 Oktober

- Daftar Peraih Juara Belanda Open 2017

Indonesia hanya mampu membawa pulang satu gelar dari turnamen Belanda Open Super Series 2017. Gelar tersebut dipersembahkan oleh Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris dari nomor ganda putri. Selengkapnya klik tautan ini.

18 Oktober

- Maria Sharapova Angkat Koper Lebih Dulu di Kremlin Cup

Maria Sharapova gagal mengarungi ajang Kremlin Cup dengan baik. Ia harus rela tersingkir pada babak pertama, Rabu 18 Oktober dini hari WIB, setelah ditaklukkan petenis Slovakia dengan skor, 7-6 (7-3) dan 6-4. Selengkapnya klik tautan ini.

19 Oktober

- Presiden Resmi Bubarkan Satlak Prima

Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) resmi dibubarkan. Pembubaran tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional. Selengkapnya klik tautan ini.

22 Oktober

- Verstappen Resmi Perpanjang Kontrak bersama Red Bull

Gelaran Grand Prix Formula 1 Amerika Serikat terasa lebih manis bagi pembalap Red Bull, Max Verstappen. Pasalnya, pembalap muda itu resmi memperpanjang kontrak bersama Red Bull jelang balap di Austin, Texas, AS. Selengkapnya klik tautan ini.

- Nyaris Tabrak Rossi, Marquez Finis Terdepan di MotoGP Australia

Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez berhasil berdiri di podium pertama MotoGP Australia. Prestasi itu ia dapat setelah melalui balapan sengit di Sirkuit Phillip Island, pada Minggu 22 Oktober. Selengkapnya klik tautan ini.

23 Oktober

- Marcus/Kevin Takluk di Final, Indonesia Tanpa Gelar di Denmark Open

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal menjuarai Denmark Open Super Series 2017. Kepastian itu didapat usai mereka takluk dari pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Liu Cheng, Senin 23 Oktober dini hari WIB. Selengkapnya klik tautan ini.

- Tercepat di COTA, Gelar Juara Dunia Menanti Lewis Hamilton

Lewis Hamilton keluar sebagai juara F1 GP Amerika Serikat (AS) yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Senin 23 Oktober dini hari WIB. Kemenangan tersebut berhasil memperbesar peluang Hamilton untuk menjadi juara dunia. Selengkapnya klik tautan ini.

27 Oktober

- Untuk Ketiga Kalinya, Martina Hingis Nyatakan Pensiun

Martina Hingis mengumumkan pensiun dari dunia tenis. Menariknya, ini adalah ketiga kalinya petenis asal Swiss itu menyatakan mundur dari dunia tenis. Selengkapnya klik tautan ini.

28 Oktober

- Simona Halep Akhiri 2017 sebagai Petenis No.1 Dunia

Simona Halep dipastikan kokoh memuncaki nomor satu dunia hingga akhir WTA musim ini berlangsung. Kepastian itu didapat setelah hasil yang diraih Karolina Pliskova. Selengkapnya klik tautan ini.

29 Oktober

- Dovizioso Juara GP Sepang, Marquez Terlempar dari Tiga Besar

Andrea Dovizioso berhasil memenangi balapan MotoGP Malaysia 2017 untuk memaksakan pertarungan final dengan Marc Marquez. Sementara, nama terakhir finis di posisi keempat. Selengkapnya klik tautan ini.

- Owi/Butet Juara, Indonesia Boyong Dua Gelar di French Open 2017

Indonesia memastikan membawa pulang dua gelar pada turnamen French Open superseries Premier 2017. Kepastian itu terjadi setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih gelar juara usai mengalahkan wakil Tiongkok Zheng Siwei/Chen Qingchen di final. Selengkapnya klik tautan ini.

- Kalahkan Venus Williams, Wozniacki Rebut Gelar WTA Finals

Caroline Wozniacki merebut gelar WTA Finals 2017. Pada laga final yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Wozniacki menang atas Venus Williams dengan straight set 6-4 6-4. Selengkapnya klik tautan ini.

30 Oktober

- Gagal Naik Podium, Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia

Lewis Hamilton mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim 2017 di GP Meksiko, Senin 30 Oktober dini hari WIB. Pembalap Mercedes itu tetap menjadi juara dunia untuk keempat kalinya meski gagal naik podium di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodrigurez, Meksico City. Selengkapnya klik tautan ini.


(ACF)