Kaleidoskop Olahraga 2017

Desember: Gelar Ketujuh Marcus/Kevin, Sepang Sirkuit Terbaik MotoGP

Rendy Renuki H    •    27 Desember 2017 20:13 WIB
kaleidoskop 2017
Desember: Gelar Ketujuh Marcus/Kevin, Sepang Sirkuit Terbaik MotoGP
Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat meraih trofi juara Dubai World Super Series Finals 2017 (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Jakarta: Sejumlah peristiwa olahraga sepanjang Desember 2017 menarik untuk disimak kembali. Seperti keberhasilan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang meraih gelar Super Series ketujuh, hingga Sepang yang dinobatkan menjadi sirkuit terbaik MotoGP musim 2017.

Marcus/Kevin menjadi pasangan ganda putra pertama di dunia yang berhasil mengoleksi tujuh gelar Super Series. Hasil itu didapatkan "Minions" usai menjuarai ajang Dubai World Super Series Finals 2017.

Sementara, Sepang terpilih menjadi sirkuti terbaik dalam penyelenggaraan MotoGP 2017. Terpilihnya Sepang mengacu kepada hasil keputusan Komisi Grand Prix yang terdiri dari Dorna, FIM, MSMA, dan IRTA.

Berikut rangkuman kaleidoskop olahgara sepanjang Desember 2017:

1 Desember
Ganda campuran Pelatnas Cipayung berhasil memastikan gelar di ajang Kejurnas PBSI 2017. (Selengkapnya di sini)

2 Desember
Presiden Joko Widodo secara langsung meresmikan empat sarana olahraga di Gelora Bung Karno usai direnovasi. (Selengkapnya di sini

3 Desember
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti akan mengevaluasi atlet Pelatnas Cipayung meski berhasil meraih empat gelar di Kejurnas PBSI 2017. (Selengkapnya di sini)

4 Desember
Valetino Rossi berhasil mencetak sejarah pada ajang balapan reli Monza. (Selengkapnya di sini)

5 Desember
- Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Test Event Road to Asian Games 2018 di Stadion Akuatik GBK. Stadion Akuatik GBK nantinya akan menjadi arena cabang olahraga akuatik di Asian Games 2018. (Selengkapnya di sini)

- Gara-gara postingan Instagram, juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton di bully netizen. (Sekengkapnya di sini)

- Indonesia berhasil meraih medali kedua di Kejuaraan Dunia Boling di Las Vegas, AS. (Selengkapnya di sini)

6 Desember
- Bintang Golden State Warriors, Stephen Curry mengalami cedera pergelangan kaki dan harus absen selama dua pekan. (Selengkapnya di sini)

- Marc Marquez membeberkan rival yang diwaspadainya musim depan. (Selengkapnya di sini)

7 Desember
Sepang terpilih menjadi sirkuti terbaik dalam penyelenggaraan MotoGP 2017. (Selengkapnya di sini)

8 Desember
Pebulu tangkis tunggal putri asal Spanyol Carolina Marin memutuskan mundur dari ajang Dubai World Superseries Finals 2017 karena cedera. (Selengkapnya di sini)

9 Desember
Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia basket (FIBA) tahun 2023 mendatang. (Selengkapnya di sini)

10 Desember
Menpora Imam Nahrawi mengklaim Stadion Akuatik GBK menjadi venue cabang olahraga terbaik se-Asia. (Selengkapnya di sini)

11 Desember
Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi membeberkan musuh utama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di ajang Dubai World Super Series Finals 2017. (Selengkapnya di sini)

12 Desember
- Managing Director Mahkota Promotion, Urgyen Rinchen Sim, membeberkan berapa lama lagi petinju profesional Indonesia Daud Yordan bisa berkarier di atas ring. (Selengkapnya di sini)

- Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menyabet gelar Pebulu Tangkis Putra Terbaik versi BWF. (Selengkapnya di sini)

13 Desember
Para pegolf asing memuji venue lapangan Indonesia Masters 2017 di Royale Golf Club, Jakarta. (Selengkapnya di sini)

14 Desember
Sebanyak 286 legenda olahraga Indonesia mendapat penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga atas jasa-jasa yang telah diberikan. (Selengkapnya di sini)

15 Desember
Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto gagal tersingkir dari ajang Dubai World Super Series Finals 2017. (Selengkapnya di sini)

16 Desember
Unggulan pertama ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal menembus final Dubai World Super Series Finals 2017. (Selengkapnya di sini)

17 Desember
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih gelar Super Series ketujuh mereka tahun ini setelah menjuarai Dubai World Super Series Finals 2017. (Selengkapnya di sini)

18 Desember
Pembalap Yamaha Maveric Vinales enggan menyalahkan timnya karena gagal meraih gelar juara dunia di musim pertamanya. (Selengkapnya di sini)

19 Desember
- Kesuksesan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai Dubai World Super Series Finals 2017 membuat mereka diganjar bonus oleh Kemenpora. Namun, bonus Kevin/Marcus justru tak masuk program PBSI. (Selengkapnya di sini)

- Tim Kuda Jingkrak Ferrari akan mengeluarkan desain baru mobil F1 untuk dipakai di musim 2018. (Selengkapnya di sini)

20 Desember
Juara Wimbledon Marion Bartoli memutuskan kembali ke lapangan setelah memutuskan pensiun empat tahun silam. (Selengkapnya di sini)

21 Desember
Kisah hidup pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei akan diangkat ke layar kaca sebagai bentuk apresiasi dari Negeri Jiran. (Selengkapnya di sini)

22 Desember
Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi berhasil menuai prestasi pada ajang the 24th International Tournament in Artistic Gymnastics Mikhail Voronin Cup, Moskow, Rusia. (Selengkapnya di sini)

23 Desember
Indonesia akan memiliki favorit juara di ganda putra selain Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon pada ajang Piala Thomas 2018 nanti. (Selengkapnya di sini)

24 Desember
Pebulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, nyaris dilarang bermain di negara akibat persoalan sponsor. (Selengkapnya di sini)

25 Desember
Keceriaan Hari Raya Natal turut dirasakan para pembalap F1. Mereka tidak segan saling mengucapkan selamat dan bertukar kado meskipun itu ditujukan kepada rivalnya di lintasan. (Selengkapnya di sini)

26 Desember
Tim Aspar Racing di MotoGP mengubah nama mereka menjadi Angel Nieto sebagai bentuk penghormatan pembalap legendarisnya. (Selengkapnya di sini)

27 Desember
Pelatih kepala bulu tangkis tunggal putra India Mulyo Handoyo kecewa terharap apresiasi pemerintah India. (Selengkapnya di sini)

 


(REN)