Jelang SEA Games 2017

Mental Juara Kapten Timnas Karate Indonesia

Kautsar Halim    •    02 Agustus 2017 13:28 WIB
sea games 2017
Mental Juara Kapten Timnas Karate Indonesia
Jintar Simanjuntak (kiri). (Foto: MTVN/Zam)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jintar Simanjuntak mengutarakan pengalamannya ketika ditunjukan sebagai kapten timnas karate Indonesia. Selain membicarakan kesiapan timnya jelang SEA Games, Jintar juga mengaku menjalani latihan pribadi.

Jintar merupakan salah satu atlet karate unggulan Indonesia di kelas kumite 67 kg. Jabatan kapten itu diemban sudah cukup lama karena Jintar merupakan atlet senior yang berprestasi di berbagai penyelenggaran sebelumnya. Khusus untuk SEA Games 2017, Jintar pun ditargetkan melaju hingga final.


Klik: Bos Mercedes Membantah Kesal dengan Hamilton


Demi mencapai target tersebut, Jintar mengaku sudah menjalani latihan fisik dan menjaga kebugaran dengan baik. Saat ini, ia bersama rekan-rekannya hanya tinggal mematangkan teknik dan mengasah mental saja.

"Latihan fisik sudah tidak terlalu dilakukan pada saat ini, kami hanya tinggal menjaga kebugaran dan mengatur pola makan saja agar terus bugar. Kondisi kami juga semakin baik, terlebih lagi Training Camp (TC) bisa berjalan dengan lancar. Mungkin yang harus ditingkatkan hanya reaksi saja," kata Jintar usai berlatih di apartemen Belezza beberapa waktu lalu.

Skuat timnas karate Indonesia, termasuk pelatih dan atletnya (putra dan putri) berjumlah 27 orang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok untuk tampil di kelas kata dan kumite. Selama menjalani pelatnas, timnas karate Indonesia sempat menjalani try out di Kejuaraan Karate Asia di Kazakhstan pada awal Juli lalu. Hasil perjuangan di sana cukup menggembirakan karena mereka mampu membawa pulang tiga medali perak dan lima perunggu.


Klik: Sean Kembali Geber Mobil F1 Toro Rosso di Hungaria


Sama seperti kisah dari pengurus cabang olahraga lainnya, karate Indonesia juga sempat terkendala urusan finansial ketika menjalani pelatnas. Beruntung, para pengurus cabor karate bisa solid dan menjaga atletnya tidak terganggu dengan kendala tersebut.

"Kalau urusan kendala biaya diatur oleh pelatih dan manajer. Kami dan semua atlet karate lainnya benar-benar tidak dilibatkan. Jadi, tidak ada masalah ketika menjalani latihan. Karate merupakan tim kuat. Kami tidak akan kehilangan semangat untuk tetap latihan," kata Jintar yang sudah pernah ikut SEA Games sebanyak empat kali.
  Jintar bakal berusia 31 tahun saat berlaga di SEA Games 2017. Namun, tekadnya untuk merebut medali emas tidak pernah surut. Bahkan demi mencapai itu, Jintar mengaku punya persiapan berbeda dengan rekan-rekannya yang lebih muda.

"Pola makan harus sangat dijaga. Kemudian, Minggunya saya lari pagi untuk buang asam laktat. Joggingnya sekitar 15-30 menit saja," pungkas atlet asal Sumatera Utara itu.


(KAU)