Sukmalindo 2016

Pesta Olahraga Sukan Malaysia-Indonesia 2016 Dibuka

Krisna Octavianus    •    23 September 2016 00:22 WIB
olahraga
Pesta Olahraga Sukan Malaysia-Indonesia 2016 Dibuka
Dr. Didin Wahidin (kiri) dan Datuk Nik Ali bin Mat Yunus saat bertukar cenderamata (Foto: MTVN/Krisna)

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Pesta olahraga Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) resmi dibuka pada Kamis 22 September malam di Hotel Grand Continental, Kuala Terengganu, Malaysia.

Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaraan dan Mahasiswa (Belmawa) Didin Wahidin, menegaskan acara ini sebagai alat pemersatu antara Indonesia dan Malaysia.

Sebagai informasi, Sukmalindo adalah wadah pertandingan mahasiswa persahabatan mahasiswa Indonesia dengan Malaysia. Pada tahun ini, Kota Teregganu menjadi tuan rumah untuk acara yang sudah ada sejak 2008 ini. Lima cabang olahraga akan dipertandingkan di Universitas Sultan Zainal Abidin (Unisza).

Lima cabor tersebut adalah, sepak takraw, badminton, memanah, bola voli, dan futsal. Setiap atlet kedua negara akan bertanding dan seluruh pertandingan akan dilaksanakan serentak, Jumat 23 September di Dewan Gemilang Unisza.

(Baca juga: KONI: Penyelenggaraan PON XIX Jawa Barat Sukses)

Sudah berlangsung sejak 2008, Sukmalindo diharapkan bisa menjadi ajang persahabatan kedua negara. Akan tetapi, sifat kompetitif juga diutamakan dengan tetap menjunjung sportivitas. Itu yang diharapkan Didin Wahidin selaku Dirjen Belmawa Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Indonesia.

"Saya berharap perhelatan ini bisa menjadi ajang kedua negara saling mengenal, khususnya dalam bidang olahraga. Sukmalindo diharapkan bisa menjadi alat pemersatu kedua bangsa, agar bia terus terjalin silaturahmi yang baik," ujar Didin dalam sambutannya, Kamis (22/9/2016).

"Kita bukan mencari siapa pemenang dan siapa yang kalah. Kita mencari persahabatan. Siapa tahu, jika serumpun dalam hal olahraga sudah kuat, kita bisa menjadi yang terkuat di dunia suatu hari nanti," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia yang diwakili Datuk Nik Ali Bin Mat Yunus, juga mengutarakan hal yang sama dengan Didin Wahidin. Ia menambahkan, tak mau mendengar ada ribut-ribut dalam Sukmalindo tahun ini. Fokus tahun ini adalah persatuan dan persahabatan antara kedua bangsa.

"Saya ingin agar Sukmalindo tahun ini menjadi ajang persahabatan di antara kedua negara. Saya tak mau mendengar ada yang ribut-ribut dalam pertandingan. Acara ini dibuat untuk mengeratkan tali silaturahmi di antara kedua negara. Saya berharap bisa berjalan baik," katanya dalam sambutan.

Rencananya, Sukmalindo 2016 berlangsung hingga Sabtu 21 September. Malaysia mengirimkan 64 orang atlet, sementara Indonesia 54 orang atlet dengan 13 pelatih.
 
Video: KONI Sayangkan Keberpihakan Wasit pada Tuan Rumah


(RIZ)