Piala Fed Junior

Tim Junior Indonesia Finis sebagai Runner Up Piala Fed zona Asia Oseania

   •    22 April 2018 00:36 WIB
tenis
Tim Junior Indonesia Finis sebagai Runner Up Piala Fed zona Asia Oseania
Tim Indonesia bersama tim Fed Cup Australia (Foto: Tenis Indonesia)

Jakarta: Indonesia akhirnya harus puas berada di posisi kedua gelaran Piala Fed Junior Kualifikasi zona Asia Oseania. Tim Merah Putih yang menempati unggulan kelima itu harus mengakui unggulan keenam Australia dengan skor 0-2 dalam pertandingan final yang berlangsung di Kuching, Sabtu 21 April.

Meskipun secara peringkat lebih baik, petenis Indonesia seolah tak berdaya ketika melakoni laga pamungkas. Tunggal kedua yang tampil pada partai pembuka, Janice kalah mudah dari Anastasia Bezerov. Peringkat junior ke-213 dunia ini kalah straight set dari lawan yang bertengger di posisi ke-417 itu dengan skor akhir 2-6 0-6.

“Saya agak capek hari ini, kaki terasa berat melangkah sepanjang pertandingan final tadi,” tutur Janice usai laga berdurasi 55 menit itu.

Klik di sini: Berprestasi untuk Negeri Cerminan Kartini Jaman Sekarang

Ujung tombak Indonesia, Priska Madelyn Nugroho pun tak mampu menghindarkan tim Merah Putih dari kekalahan. Peringkat junior ke-165 dunia itu kandas di tangan Olivia Maria Gadecki (ITF-241) juga dalam dua set langsung, 4-6 3-6.

Dengan kemenangan dua partai tunggal itu maka partai ketiga yang sedianya memainkan laga ganda pun tak perlu digelar. Indonesia berencana memasang duet Janice/Priska untuk meladeni pasangan Olivia/Annerly Poulos.

Kapten tim Australia, Emma Doyle sebagai dikutip dari cuitan media sosialnya mengakui bahwa dengan materi pemain yang ada, timnya mampu menerapkan strategi komposisi petenis tunggal yang berbeda di setiap laga.

Klik di sini: Pelita Jaya Bungkam Satria Muda di Game Kedua Final IBL

Ketika menyingkirkan favorit Jepang 2-1 di semifinal, Olivia Maria Gadecki justru tak tampil di nomor tunggal dan hanya fokus mengambil poin sektor ganda.

“Saya sangat senang dengan daya juang yang ditunjukkan oleh semua pemain dan kami sukses mengantongi gelar juara serta lolos ke babak final dunia,” cuit Emma.

Kedua tim, baik Australia dan Indonesia serta dua semifinalis yakni Jepang dan Hong Kong akan menjadi wakil zona Asia Oseania ke putaran Final Dunia Piala Fed Yunior yang akan berlangsung di Budapest, Hungaria, September 2018.

Keberhasilan ke ajang level dunia dalam kompetisi untuk petenis putri kelompok umur 16 tahun itu bagi Indonesia merupakan yang perdana setelah 2009. Ketika itu putri Indonesia berada di peringkat keempat zona Asia Oseania dan finis di posisi kesembilan dalam final yang berlangsung di Meksiko. (Dendi Suharyana)

Rossi Lupakan Insiden Argentina



(FIR)