Kejuaraan Atletik Dunia U-20

Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia, Presiden Jokowi dan Menpora Ucapkan Selamat

Alfa Mandalika    •    12 Juli 2018 15:55 WIB
olahraga
Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia, Presiden Jokowi dan Menpora Ucapkan Selamat
Lalu Muhammad Zohri (Foto: IAAF)

Jakarta: Prestasi mentereng ditorehkan oleh atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri pada Kejuaraan Dunia Junior di Tampere, Finlandia. Dia berhasil meraih emas di nomor 100 meter usai mencatatkan waktu tercepat 10,18 detik, Rabu 11 Juli waktu setempat.

Lalu mengalahkan pesaingnya dari Amerika Serikat yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang harus puas di urutan kedua dan ketiga.

"Saya akan berpesta malam ini. Saya sangat senang dengan PB dan catatan junior nasional saya. Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games yang digelar bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman luar biasa dan sangat bagus untuk karier saya," ujar Lalu.

Keberhasilan ini diapresiasi oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Baca: Pelari Indonesia Sabet Gelar Juara di Kejuaraan Dunia


"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara. Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Jokowi.

Hal senada juga disampaikan oleh Menpora. Ia berharap, hasil positif ini berlanjut di ajang Asian Games pada bulan depan.

"Selamat ya kepada Lalu Zohri @lalusprinter atas raihan juara dunia sprint 100M putra U-20 di Finlandia. Jaga terus semangat dan terus raih yang terbaik di Asian Games dan kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia lainnya," demikian pernyataan Menpora di akun instagram pribadinya.

Pencapaian Lalu di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 menjadi catatan membanggakan bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kali, atlet lari Tanah Air bisa memenangkan kejuaraan dunia di nomor lari 100 meter sejak 32 tahun terakhir.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Jelang Semifinal, Menikmati Pemandangan Moskow-St.Petersburg, #SalamdariRusia


(ASM)