Legislator Minta Infrastruktur Asian Games Digunakan Maksimal

Anggi Tondi Martaon    •    07 September 2018 18:24 WIB
berita dpr
Legislator Minta Infrastruktur Asian Games Digunakan Maksimal
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra- - Foto: dok DPR RI

Jakarta: Pemerintah menghabiskan sedikitnya Rp30 triliun untuk membangun  infrastruktur penyelenggaraan Asian Games 2018.  Sarana dan prasarana  pendukung tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal pascaperhelatan olahraga terbesar di Asia ini.

“Sehingga sarana prasarana yang telah dibangun jangan sampai di sia-siakan, apalagi sampai terbengkalai,” Kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Aidil saat dikutip dari dpr.go.id pada Jumat 7 September 2018.

Aidil mengungkapkan dana puluhan triliun rupiah tersebut digunakan untuk sarana transportasi, pembangunan 76 venue dan 14 nonvenue. Puluhan fasilitas tersebut, katanya harus bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik alias tidak terbengkalai.

“Setelah penyelenggaraan Asian Games 2018 ini rampung, apakah fasilitas-fasilitas tersebut masih akan terpakai ? Ini yang harus kita antisipasi dari awal,” ungkap dia.

Lebih lanjut, ia bersama anggota Komisi X akan mendiskusikan pemanfaatan infrastruktur Asian Games tersebut ke depan. Ia juga mendorong Indonesia untuk kembali menangkap peluang sebagai tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga internasional lainnya.

“Tak hanya diperuntukkan bagi pertandingan olahraga, sejumlah venue juga bisa dimanfaatkan untuk ajang lain, semisal konser musik dan lainnya. Ini semua untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada,” tandasnya.


(Des)