PON Remaja 2017

Ini Sikap KONI Terkait Rencana Pembatalan PON Remaja oleh Kemenpora

   •    12 Oktober 2016 21:05 WIB
olah raga
Ini Sikap KONI Terkait Rencana Pembatalan PON Remaja oleh Kemenpora
Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana pembatalan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2017 di Jawa Tengah oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga hingga kini belum disikapi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai pemilik kegiatan karena belum ada surat resminya.

"Kami belum tahu soal rencana pembatalan PON Remaja oleh Kemenpora. Kalau sudah ada keputusan, kami akan segera melakukan koordinasi untuk menyikapi keputusan itu," kata Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Kemarin, Kemenpora melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Gatot S Dewa Broto mengatakan jika PON Remaja 2017 akan dibatalkan. Hal tersebut terjadi karena keberadaannya hampir sama dengan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang pelaksanaannya dilakukan di tahun yang sama.

Baca juga: Kemenpora Berencana Membatalkan PON Remaja 2017

Rencana pembatalan PON 2017 itu juga merupakan salah satu imbas dari efisiensi anggaran yang saat ini terjadi di Kemenpora. Dengan kondisi tersebut, sesuai dengan arahan Menpora Imam Nahrawi maka Popnas lebih diutamakan karena cabang olahraga yang dipertandingkan banyak dipertandingkan di event internasional.

Suwarno menjelaskan, PON Remaja sebenarnya cukup bermanfaat untuk melahirkan atlet-atlet muda potensial karena hampir semua provinsi di Indonesia bakal terlibat pada kejuaraan dua tahunan itu. Apalagi Indonesia banyak dihadapkan banyak kejuaraan internasional termasuk Olimpiade 2020.

Rencananya, kata mantan Ketua Satlak Prima itu, PON Remaja di Jawa Tengah ini akan mempertandingkan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade atau sejalan dengan program pemerintah dalam hal ini Kemenpora.

"Di PON Remaja memang diprioritaskan cabang olahraga olimpiade. Ini juga disesuaikan dengan cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON 2020," kata Suwarno.

Jika Kemenpora benar-benar merealisasikan pembatalan PON Remaja, Suwarno mengaku pihaknya tidak akan mengalami kerugian terutama dalam hal anggaran karena hingga saat ini KONI Pusat belum mengucurkan dana untuk kejuaraan dua tahunan itu.(ant)

 
Video: Maulwi Saelan, Kiper Legendaris Timnas Indonesia Wafat


(RIZ)