Tour de Singkarak 2017

Timnas Balap Sepeda Indonesia Absen di Tour de Singkarak 2017

Alfa Mandalika    •    09 November 2017 15:23 WIB
tour de singkarak
Timnas Balap Sepeda Indonesia Absen di Tour de Singkarak 2017
Suasana Tour de Singkarak 2016. (Foto: Ant/Hafidz Mubarak A.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas balap sepeda Indonesia dipastikan absen pada kejuaraan internasional Tour de Singkarak 2017, 18-26 November, namun PB ISSI membebaskan kepada pebalap yang selama ini masuk pelatnas untuk memperkuat klubnya.
    
"Memang benar. Tahun ini timnas absen di Tour de Singkarak 2017. Tapi banyak pebalap timnas yang memperkuat klubnya," kata manajer timnas balap sepeda, Budi Saputra seperti dilansir Antara, Kamis (9/11/2017).
   
Pebalap timnas selama ini memang tersebar di beberapa klub baik lokal maupun internasional. Selama tidak menjalani pelatnas terpusat, mereka terus mengasah kemampuan bersama dengan klubnya. Bahkan ada beberapa pebalap yang rutin turun di kejuaraan internasional.
    
Sebut saja Aiman Cahyadi yang saat ini memperkuat tim asal Malaysia, Sapura Pro Cycling Team. Bahkan, pebalap kelahiran Bandung, Jawa Barat itu sudah mampu menjadi pebalap terbaik pada salah satu etape balapan internasional di Negeri Jiran itu.

Begitu juga dengan Dadi Suryadi. Pebalap kelahiran Sumedang, Jawa Barat yang saat ini memperkuat tim asal Malaysia, Trengganu Cycling Team ini juga tidak diragukan lagi kemampuannya. Runner up Tour de Singkarak 2016 itu berpeluang besar kembali menyodok di balapan level 2.2 itu.
   

Baca: Kelayakan SUGBK di Asian Games 2018 Sudah Teruji


Pebalap timnas lain yang berpeluang turun di Tour de Singkarak 2017 diantaranya adalah Robin Manullang yang memperkuat tim United Bike serta beberapa nama yang saat ini tersebar di tim PGN maupun BRCC.
    
Terkait dengan kelanjutan pelatnas terutama untuk nomor road race, Budi Saputra menjelaskan hingga saat ini belum ada surat keputusan (SK) baru setelah Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dibubarkan. Namun, pihaknya akan terus memantau pebalap.
    
"Kami saat ini memang sudah punya beberapa nama untuk ditarik ke pelatnas. Tour de Singkarak 2017 merupakan salah satu media untuk memantau kemampuan mereka," kata pria asal Purwokerto itu.
    
Tour de Singkarak merupakan kejuaraan internasional di bawah kalender UCI yang dimiliki Indonesia. Kejuaraan ini telah memasuki tahun ke sembilan akan menempuh jarak lebih dari 1.000 km dan akan melintasi hampir semua kabupaten dan kota di Sumatera Barat.
    
Adapun tim yang kemungkinan besar akan kembali turun diantaranya Trengganu Cycling Team dan Sapura Pro Cycling Team asal Malaysia, 7 Eleven RBP Filipina, Qinghai Thiayude China, Kansai Creage Jepang, VIB Bikes Bahrain serta tim lokal seperti PGN, KFC Continental Team, BRCC hingga Padang Road Bike Team. (Ant)

Video: Di Balik Kekompakan Greysia-Apriyani


(ASM)