Road to Asian Games 2018

Pertemuan KONI dengan PB Hasilkan 16 Cabor Prioritas

A. Firdaus    •    23 Oktober 2017 21:11 WIB
asian games 2018
Pertemuan KONI dengan PB Hasilkan 16 Cabor Prioritas
Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno (Foto: Dok MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mulai bekerja menggantikan peran Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Salah satunya dengan bertemu pengurus besar cabang-cabang olahraga, Senin 23 Oktober.

Tujuan pertemuan itu untuk memproyeksikan 16 cabang olahraga (Cabor) prioritas kontingen Merah-Putih untuk Asian Games 2018. Berarti ini cenderung lebih kecil. Sebelumnya saat masih aktif, Satlak Prima telah mengusulkan 23 cabor prioritas.

"Kami baru membacar ada 16 cabor. Tapi, kami akan mematangkan lebih lanjut karena semakin banyak cabor yang berpotensi berarti semakin bagus," ujar Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno.

Klik di sini: Reaksi Bos Mercedes Usai Juara Konstruktor F1

Sayangnya, ia menolak untuk membeberkan cabor mana saja yang menjadi prioritas KONI. Meski demikian, penunjukan cabor prioritas ini bukan hanya untuk atlet-atlet utama, tetapi juga atlet-atlet pelapis.

"Kami belum bicara kuota atlet. Hanya nomor pertandingan saja dan itu tidak berubah dari total 462 nomor," lanjut Suwarno.

Pertemuan KONI dengan pengurus induk Cabor itu termasuk memetakan nomor potensial medali bagi Indonesia dalam Asian Games 2018 mendatang.

Klik di sini: PBSI Kesulitan Meregenerasi Pebulu Tangkis Putra

"KONI tidak memutuskan nomor pertandingan Asian Games. Itu kewenangan cabang olahraga dengan INASGOC dan mereka akan berkoordinasi dengan federasi internasional serta OCA," terang Suwarno.

"Ada beberapa nomor pertandingan dalam beberapa cabang yang terlihat. Misalnya tinju yang menyampaikan dapat berpartisipasi dalam tiga nomor, sedangkan balap sepeda pada disiplin BMX hanya dua nomor. Kami masih menunggu nomor lain yang belum masuk," terangnya.

Sebelumnya, Satlak Prima menetapkan 23 cabang prioritas jelang Asian Games 2018. Cabang-cabang itu adalah angkat besi, atletik, balap sepeda, bola boling, bridge, bulu tangkis, dayung, jet ski, judo, karate, kano,
menembak, panahan, panjat tebing, paralayang, pencak silat, renang, soft-tenis, taekwondo, tinju, voli pantai, dan wushu. (Ant)

Mercedes Juara Dunia Konstruktor 2017
 


(ACF)