Asian Games 2018

Cabor Rugby Bertekad Perbaiki Level di Asian Games

Ahmad Mustaqim    •    04 April 2018 01:10 WIB
asian games 2018
Cabor Rugby Bertekad Perbaiki Level di Asian Games
Menko PMK Puan Maharani saat mengunjungi pelatnas Rugby jelang Asian Games 2018 (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Yogyakarta: Cabang olahraga (Cabor) Rugby bertekad memperbaiki level kemempuan untuk gelaran Asian Games 2018. Hal ini menyusul hasil minor Cabor ini dalam ajang SEA Games lalu, yakni tak memperoleh medali apapun. 

Asisten Pelatih Rugby Kelas Putra, Yohannes Musi menarget para atlet dengan patokan tak muluk-muluk. "Target kami masuk semifinal (Asian Games) dulu," kata Yohannes ditemui di kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Selasa, 3 April 2018. 

Para atlet Rugby telah menjalani pelatnas di Bantul, Yogyakarta sejak Januari 2018. Setidaknya, ada sebanyak 24 atlet yang ikut pada awal pelatnas itu. 

Dalam perkembangan, kata dia, bisa mendapatkan atlet putra dan putri masing-masing 14 orang. "Bulan Juli nanti kami perkecil lagi menjadi masing-masing-masing 12 atlet untuk Asian Games," ujarnya. 
 

Baca: Renovasi Velodrome, Kontraktor Datangkan 14 Ahli dari Jerman


Hingga kini, persiapan Cabor Rugby untuk Asian Games sudah sekitar 40 persen. Menurut dia, kemampuan para atlet sudah mulai tampak.

"Kecepatan atau speed-nya sudah bagus. Tinggal mengasah kerja sama tim dan kemampuan individunya," ujarnya.

Untuk mematangkan persiapan, Cabor Rugby mengagendakan uji coba ke sejumlah negara, salah satunya Uzbekistan. Negara tersebut dipilih karena para pemainnya memiliki postur tinggi.
 

Baca juga: Tujuh Tower Wisma Atlet Siap Menyambut Asian Games  


Selain itu, uji coba juga diagendakan melawan Sri Lanka. "Sri Lanka merupakan salah satu tim yang cukup kuat di tingkat Asia," jelasnya. 

Ia sudah memperkirakan sejumlah negara kuat yang akan bertarung di Cabor Rugby dalam gelaran Asian Games. "Negara yang perlu diwaspadai negara-negara Asia Tenggara, seperti Hong Kong dan Jepang," tuturnya. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Kemenkes Berikan 25 Ambulans untuk Asian Games 2018




(ACF)