Bola Bola Bola, Lagu Dukungan untuk Atlet

Gervin Nathaniel Purba    •    02 Mei 2018 19:29 WIB
berita kemenpora
Bola Bola Bola, Lagu Dukungan untuk Atlet
Menpora Imam Nahrawi, usai menyaksikan video klip lagu Bola Bola Bola oleh Mic3, di kantor pusat Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Mei 2018 (Foto:Gervin Nathaniel Purba)

Jakarta: Musik dan sepak bola merupakan dua unsur yang bisa mempersatukan bangsa. Keduanya mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat tanpa melihat latar belakangnya. 

Ketika musik dangdut diputar, semua orang akan ikut bergoyang. Ketika tim sepak bola kesayangan menang, maka semua pendukungnya akan ikut berpesta. Keduanya mampu mengalihkan sejenak perhatian rakyat dari suhu politik yang kian menghangat.

"Jika sudah bosan soal politik, isu hoaks, soal saling menghujat, dan saling menyakiti karena perbedaan, maka larinya ke musik, olahraga atau sepak bola. Keduanya akan menyatukan perbedaan itu," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, usai menyaksikan video klip lagu Bola Bola Bola oleh Mic3, di kantor pusat Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Mei 2018.

"Apalagi dangdut. Semua bergoyang. Mau yang pakai sepatu atau sandal, mau yang berdasi atau tidak, semua bergoyang," kata Imam menambahkan.

Menurutnya, masalah perbedaan latar belakang tidak akan dibahas lagi jika sudah larut dalam euforia sepak bola. Begitu juga ketika sedang menikmati konser musik.

"Musik dan sepak bola betul-betul mulia. Masalah perbedaan enggak ada lagi. Masak mau masuk stadion ditanyain, kamu sukunya apa, agamanya apa. Enggak pernah. Itu karena soal nafsu, ego, emosi, dan hasutan misi politik," tutur Imam.



Di sisi lain, ia mengapresiasi lagu Bola Bola Bola yang dibawakan oleh Trio Mic3 di bawah naungan Mic Project. Lagu tersebut merupakan hasil kolaborasi Eramono Sukaryo dan Michael Widyatmaka. 

Lagu ini dibikin dua versi, yakni versi pop yang akan disiarkan serentak di 100 radio pada hari ini, dan versi dangdut yang akan disiarkan di 100 pada 7 Mei 2018. 

Versi pop dinyanyikan oleh personel Mic3 yang terdiri atas Ardian Alfaridzi, Indra Riansya, dan Zivi Fradika. Versi dangdut akan dinyanyikan oleh Dyah Permata.

"Semoga sukses peluncuran lagu ini. Sepak bola alat pemersatu kita, mari kawal bersama-sama," ucap Imam.

Pengamat musik dan entertainment Indonesia Bens Leo turut mengapresiasi lagu bertema sepak bola ini. "Lagu ini dan partisipasi kita semua adalah spirit kami mempersatukan Indonesia lewat sepakbola," ucap Bens Leo.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot Dewobroto mengatakan lagu Bola Bola Bola akan diputar pada setiap ajang sepak bola di Indonesia, berskala nasional maupun internasional.


(ROS)