Asian Para Games 2018

Kontingen Korea Berangakat ke Asian Para Games 2018

Riyan Ferdianto    •    03 Oktober 2018 22:56 WIB
asian para games
Kontingen Korea Berangakat ke Asian Para Games 2018
Bendera Unifikasi Korea (Foto AFP/JUNG YEON-JE )

Incheon: Para atlet kontingen Korea telah berangkat menuju Jakarta pada Selasa 2 Oktober waktu setempat untuk mengambil bagian dalam kejuaran Asian Para Games 2018 yang akan diselenggarakan pada Sabtu 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018.

Dalam upacara pelepasan yang digelar di Bandara Udara Internasional Incheon para atlet mengungkapkan akan berusaha memberikan yang terbaik dalam ajang Asian Para Games 2018. 

"Setiap atlet akan bekerja keras di Asian Para Games. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan kami yaitu finis ketiga (di klasemen medali," kata atlet panahan Korea Selatan, Kwon Hyun-joo. 

Korea Selatan mengirimkan sebuah tim beranggotakan 307 orang, termasuk 202 atlet, yang akan berkompetisi dalam 17 cabang olahraga. Korea menargetkan 33 medali emas, 43 perak, dan 49 perunggu agar dapat meraih peringkat tiga dalam kejuaraan tersebut.

Komite Paralimpik Asia (APC) menyampaikan pada hari Selasa 2 Oktober ada 72 atlet yang berangakat ke Indonesia. Atlet yang tersisa akan terbang ke Jakarta hingga Jumat 5 Okober berdasarkan jadwal penerbangan. 

Klik di sini: INAPGOC Luncurkan Pernak-Pernik Asian Para Games

Pertama kali dalam sejarah Korea Utara dan Korea Selatan akan berparade beriringan di Asian Para Games ketiga yang akan dimulai pada 6 Oktober di Jakarta. Kepastian itu langsung disampaikan oleh Komite Paralimpik Asia (APC) pada Kamis, 27 September lalu waktu setempat. 

Sekitar 100 atlet dari Korea Selatan dan 20 atlet dari Korea Utara akan mengikuti upacara pembukaan olahraga disabilitas terbesar di Asia itu. Nantinya semua atlet tersebut akan membawa bendera Unifikasi Korea di bawah nama Korea (COR) dan lagu kebangsaan yang dinyanyikan adalah Arirang, sebuah lagu tradisional dari 1920-an.

Selain itu, para atlet Korea juga akan mengenakan seragam dengan desain yang sama dengan bendera unifikasi. Hal itu tidak jauh beda dengan Asian Games 2018 Agustus lalu. 

Kedua negara tersebut menurunkan tiga tim gabungan yang akan bertanding dalam dua cabang olahraga. Cabor itu adalah renang di nomor Men’s 4 x 100m Relay (34p) dan dua tim di cabang tenis meja, yakni di nomor Men’s TT6-7 Team dan Men’s TT8 Team. Sedangkan untuk cabang olah raga lainnya kedua negara tersebut akan bertanding secara berpisah. 

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai