Asian Para Games 2018

Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Para Bulu Tangkis Hari Ini

Rendy Renuki H    •    09 Oktober 2018 22:24 WIB
Asian Para Games
Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Para Bulu Tangkis Hari Ini
Aksi Ukun Rukaendi (merah) saat melakukan smash ke arah lawannya dari Tiongkok di babak penyisihan Bulu Tangkis Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/Rendy Renuki H)

Jakarta: Wakil Indonesia masih melanjutkan perjuangan di cabang olahraga para bulu tangkis Asian Para Games 2018 hari ini, Selasa 9 Oktober. Sebanyak 18 pertandingan wakil Indonesia di babak penyisihan grup telah dihelat di Istora Senayan, Jakarta.

Pertandingan pertama dibuka oleh pertemuan Hikmat Ramdani/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko dengan Wu Faxin/Yang Qiuxia asal Tiongkok. Mereka berhasil memenangi partai ganda campuran Grup C SL3-SU5 tersebut dengan 21-19 dan 21-15.

Sayang, kemenangan itu tidak menular kepada Agung Widodo di kategori tunggal putra kursi roda (WH1). Ia harus menerima kekalahan dari atlet disabilitas Korea Lee Dong Seop dengan skor 21-9 dan 21-14 di Grup A.
 

Baca: Selain Raih Emas, Sapto Pecahkan Rekor Asia


Wakil Indonesia mengalami kekalahan beruntun setelah Adinda Nugraheni dan Muhammad Subhan mengalami nasib sama. Adinda dikalahkan Cheng Hefang dari Tiongkok 4-21 dan 6-21 di Grup B tunggal putri SL4. Sementara Subhan takluk 20-22 dan 10-21 oleh Manh Giang Hoang dari Vietnam di Grup B tunggal putra WH1.

Dua wakil tunggal putri lainnya di kategori SU5 juga kompak menderita kekalahan. Mereka adalah Warining Rahayu yang dikalahkan Yang Qiuxia asal Tiongkok 8-21 dan 5-21, serta Putu Christiani yang takluk di tangan Ayako Suzuki dari Jepang dengan 6-21 dan 6-21.

Tunggal putri yang masih konsisten meraih kemenangan adalah Khalimatus Sadiyah Sukohandoko. Ia kali ini berhasil mengalahkan Kathleen Baido Pedrosa dari Filipina dua game langsung 21-8 dan 21-4 di Grup B SL4.

Sementara, unggulan pertama tunggal putra Indonesia telah memastikan diri lolos babak 16 besar. Ia adalah Ukun Rukaendi yang mengalahkan Wu Faxin dari Tiongkok dengan 21-12 dan 21-10 di Grup D kategori SL3.

"Mungkin karena fokus, konsentrasi, dan keyakinan sama diri sendiri yang membuat saya menang. Mungkin juga karena sudah melihat permainan lawan kemarin jadi cukup yakin (meraih kemenangan)," kata Ukun saat ditemui usai pertandingan.

Namun, atlet 48 tahun itu melihat persaingan di tunggal putra cukup merata. Para pebulu tangkis masih memiliki peluang untuk menjadi juara di Asian Para Games 2018.

"Menurut saya persaingan sama kuat. Siapa yang bisa menjaga fokus dan stamina, dia yang menang. Siapa pun lawannya di babak 16 besar sudah harus siap dihadapi," sambungnya.

Pertandingan kesembilan yang mempertemukan Agus Budi Nugroho melawan Truong Ngoc Binh di Grup A tunggal putra WH2 dimenangkan sang lawan dengan skor 12-21, 21-17, dan 21-15. Namun wakil lainnya di kategori WH2 Wiwin Andri berhasil merebut kemenangan 21-8, 20-22, dan 21-15 di Grup B.

Sayang, wakil Indonesia harus kembali menelan kekalahan setelah Supriyadi di tunggal putra Grup C WH2 ditaklukkan Kim Kyung Hoon dari Korea dengan 21-9 dan 21-4.
 

Baca juga: Elsa Maris, Si Anak Mama


Meski menelan kekalahan telak, Supriyadi mengakui senang mendapatkan pengalaman bermain di Istora Senayan. Apalagi gemuruh dukungan penonton yang tak jauh berbeda dengan ajang lain seperti Asian Games 2018 lalu membuatnya merasa dihargai sebagai atlet disabilitas.

"Penonton membawa motivasi dan semangat tersendiri, sehingga membangkitkan tenaga dan pikiran saya," ungkap Supriyadi.

Sedangkan, empat dari enam wakil Indonesia di pertandingan selanjutnya berhasil meraih kemenangan. Hikham Ramdani menang atas Muhammad Norhilmie (Malaysia) dengan 21-9 dan 21-6 di Grup C tunggal putra SL4.

Dilanjutkan kemenangan Suryo Nugroho di Grup B tunggal putra SU5 dari Pricha Somsiri (Thailand) dengan 21-9 dan 21-8. Serta Kemenangan Dheva Anrimusthi di Grup D SU5 atas Chirag Baretha (India) dengan 21-15 dan 21-14, dan Odie Kurnia Dwi Listiant Putra yang mengalahkan wakil Vietnam Hong Tuan Pham dengan 21-11 dan 21-7 di Grup F SU5.

Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara menutup pertandingan wakil Indonesia hari ini dengan kemenangan. Mereka menang dua game langsung dari pasangan Vietnam Hong Tuan Pham/Tran Minh Nhuan dengan skor 21-5 dan 21-10.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Cabor Tenis Meja dan Tenpin Boling Sumbang Emas untuk Indonesia




(ACF)