Alm Arie Sudewo, Sosok yang Berdedikasi Tinggi untuk KONI

A. Firdaus    •    11 Juli 2017 19:56 WIB
koni
Alm Arie Sudewo, Sosok yang Berdedikasi Tinggi untuk KONI
Ketua KONI, Tono Suratman ikut hadir pada pemakaman Arie Sudewo di TMP Kalibata (Foto: MTVN/A. Firdaus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia baru saja kehilangan sosok penting di dunia olahraga. Mantan Ketua Harian KONI Pusat, Arie Sudewo berpulang ke Rahmatullah dalam usia 77 tahun.

Almarhum meninggal di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto pada, Selasa 11 Juli 2017, pukul 06.00 WIB. Arie meninggal lantaran mengalami sakit dan telah dikebumikan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta, sore tadi.

Sosok yang dianggap teguh dan disiplin dalam menjalani tugasnya. Itulah kesan selama Agum Gumelar mengenal Arie. Baik di jajaran militer, maupun di kancah olah raga Indonesia.

"Dedikasi beliau dalam membina dunia olahraga. Saya tahu betul karena mereka adalah olahragawan. Pak Arie itu pesepak bola selama aktif di militer. Dia juga sosok yang sangat dedikatif," kesan Ketua Umum KONI Pusat periode 2003--2007, yang sangat kehilangan sosok almarhum.
 

Baca: Kemenpora Mengingatkan Pentingnya Partisipasi dan Prestasi di ASG 2017


Arie yang sempat menjabat Ketua Harian KONI pada era Wismoyo Arismunandar juga menjadi panutan bagi Ketum Pusat saat ini, Tono Suratman. Ia berharap kedisiplinan dan tanggung jawab yang diterapkan Arie bisa ditiru para atlet dan juga staf KONI.

"Pertama atas nama KONI Pusat saya mengucapkan turut berbelasungkawa. Saya juga banyak mendapatkan arahan dari beliau tentang membina prestasi olahraga. Terutama menyiapkan atlet-atlet," ujar Ketum KONI Pusat, Tono Suratman.
 

Baca juga: KOI Gandeng Agensi Sponsor dari Jepang


Lebih lanjut, Tono juga masih ingat bagaimana almarhum memberikan wejangan kepadanya, terkait pembinaan atlet.

"Seorang atlet, manajer, dan pelatih harus tetap memiliki tingkat disiplin yang kuat dan tangguh. Selain itu bertanggung jawab terhadap negara. Dan ini saya sampaikan kepada pengurus KONI Pusat, karyawan, dan calon atlet yang kami siapkan," kenang Tono.

Video: Kedatangan Rooney dan Ambisi Ronald Koeman



(ACF)