Kasus pengaturan skor IBL

IBL Ancam Hukuman Berat buat Pelaku Pengaturan Skor

Patrick Pinaria    •    23 November 2017 19:22 WIB
basket indonesia
IBL Ancam Hukuman Berat buat Pelaku Pengaturan Skor
Direktur IBL Hasan Gozali saat memberikan komentar terkait kasus pengaturan skor di IBL musim lalu (Foto: MTVN/Patrick Pinaria)

Jakarta: Kompetisi Liga Basket Indonesia (IBL) telah dinodai dengan kasus pengaturan skor. Total, ada sembilan pelaku yang terlibat dalam kasus tersebut.

Kasus pengaturan skor ini sejatinya terjadi pada musim lalu. Namun, kasus tersebut baru terbongkar jelang digulirkannya kompetisi musim ini. Uniknya, kasus tersebut dibongkar oleh salah satu pelaku dalam kasus tersebut.

Direktur Utama IBL Hasan Gozali menyayangkan kasus pengaturan skor terjadi dalam kompetisi tersebut. Ia pun memastikan akan menambah sanksi untuk para pelaku.
 

Baca: Fakta Berantai yang Membongkar Pengaturan Skor di IBL


"Kasus ini sangat disayangkan terjadi, akan tetapi kami akan tegas pada prinsipnya. Kami harapkan dengan keterbukaan ini bisa menghindari kejadian pengaturan skor lainnya," ujar Hasan.

"Hukuman yang sudah kami jatuhkan kepada delapan pemain yang sudah diketahui diharapkan tidak ada lagi kejadian pengaturan skor di masa depan. Seandainya terjadi lagi, hukuman akan kami tambah beratkan," lanjutnya.
 

Baca juga: Perbasi Dapatkan 13 Nama Terduga Pengaturan Skor di IBL 2017


"Karena kami tidak bisa mentoleriri. Bukan hanya bermain di IBL, jadi ketika mereka ingin menjadi pelatih apalagi menjadi pemilik klub tentu itu akan kami tolak. Sebab, kejadian ini tidak mencerminkan sikap sportivitas basket," tutur Hasan.

Video: ?Perbasi Sanksi 9 Pemain Terkait Kasus Pengaturan Skor IBL



(ACF)