NusantaRun 2017

Peserta NusantaRun, Berlari 127,9 Km Tanpa Sepatu

Gregah Nurikhsani Estuning    •    07 Desember 2017 22:45 WIB
olah raga
Peserta NusantaRun, Berlari 127,9 Km Tanpa Sepatu
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta: Ketika niat dan tekad sudah bulat, apa pun dilakukan demi mewujudkannya. Itu yang dilakukan Sandy Surya Pranata, salah satu peserta reguler NusantaRun. Sandy rela berlari ratusan kilometer menggunakan sandal hanya untuk menggalang donasi untuk guru-guru di Dieng.

NusantaRun, bekerja sama dengan Indonesian Overseas Alumni (IOA) akan menggelar ajang lari bertajuk, fund raising dengan tema #GurukuMaju. Donasi yang terkumpul bakal disumbangkan untuk membantu pendidikan, khususnya perbaikan kualitas guru-guru.

Rute yang ditempuh adalah dari Purwokerto sampai Dieng. Jaraknya lumayan jauh, yakni mencapai 127,9 kilometer. Namun, bagi Sandy jarak dan waktu bukan jadi penghalang baginya untuk meramaikan kegiatan sosial itu.

Baca juga: Inasgoc Masih Berburu Sponsor untuk Asian Games 2018

"Apa yang membuat saya, atau kita para pelari senang ikut ajang ini, adalah ketika apa yang telah kita kumpulkan bisa dirasakan oleh orang lain. Jadi saat mereka mendapatkan apa yang kita kumpulkan, lalu mereka senang juga, itu sudah bikin kita bahagia," ucap Sandy saat hadir di konferensi pers NusantaRun Chapter 5.

Christopher Tobing (baju merah), Sandy Surya Pranata (paling kanan), Tanti Sugiharti Singgih (IOA, paling kiri)-MTVN/Greg

Sebanyak 223 pelari telah lolos seleksi ketat dari 300-an pendaftar. Meski rutenya terbilang sangat jauh, tidak ada atlet atau pelari profesional yang ikut serta. Pesertanya datang dari berbagai latar belakang, bahkan ibu rumah tangga diperbolehkan mendaftarkan diri.

"Pelari di NusantaRun itu bukan pelari profesional. Mereka ada yang bekerja sebagai eksekutif, guru, ibu rumah tangga, murid, dan semua jenis pekerjaan lainnya. Mengutip ucapan Jurian, partner saya, dia bilang, 'Pelari di NusantaRun ini mungkin bukan orang-orang hebat, tapi mereka adalah orang yang melakukan hal hebat'," kata Christopher Tobing, founding father NusantaRun.

Video: Cabor Akuatik Gelar Test Event Jelang Asian Games 2018
 




(RIZ)