Korea Selatan dan Korea Utara 'Bersatu' di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 Februari 2018 20:16 WIB
Korea Selatan dan Korea Utara Bersatu di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang
Upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin. (Foto: olympic.org)

Pyeongchang: Momen bersejarah terekam tatkala atlet Korea Utara dan Selatan berjalan beriringan di bawah unified flag pada pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Seluruh negara peserta turut mengirimkan perwakilan atletnya pada pembukaan itu. Amerika Serikat juga ambil bagian di olimpiade yang digelar di Korea Selatan tersebut.

Selain berjalan beriringan di bawah satu bendera, kedua negara itu juga sepakat menggabungkan tim hoki putrinya. Bahkan sejumlah atlet dari Korsel dan Korut sudah melakukan latihan bersama.

Ini menjadi sinyal bagus di tengah memanasnya hubungan antara dua negara tersebut. Namun, semua hal negatif tidak tergambar pada upacara pembukaan.
 


Olimpiade Musim Dingin digelar tiap empat tahun sekali sejak tahun 1924. Meski bertajuk olimpiade, olahraga yang dipertandingkan umumnya yang dihelat di atas es atau salju.

Sampai tahun 1992, olimpiade 'musim panas' dan dingin dilakukan di tahun yang sama. Kemudian Olimpiade Musim Dingin dimajukan dua tahun lebih awal, yakni tahun 1994 agar tidak berbarengan.

Video: 8 Cabor Gelar Test Event Asian Games 2018
 
(ACF)