Empat Kunci Sukses Penyelenggaraan Asian Games Menurut Menpora

Gervin Nathaniel Purba    •    22 Mei 2018 21:06 WIB
berita kemenpora
Empat Kunci Sukses Penyelenggaraan Asian Games Menurut Menpora
Ketua Inasgoc Erick Thohir, Anggota Wantimpres Agum Gumelar, dan Menpora Imam Nahrawi (Foto:Dok.Kemenpora)

Jakarta: Persiapan atlet dan sistem keamanan Asian Games 2018 menjadi perhatian serius Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Hal tersebut disampaikan Menpora pada pertemuan terbatas dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin Anggota Wantimpres Agum Gumelar di Kantor Watimpres, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Mei 2018.

Pada pertemuan yang mengangkat tema strategis Upaya Menyukseskan Asian Games ke-18 Tahun 2018 tersebut Imam menyampaikan empat kunci sukses Asian Games 2018, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi. Khusus sukses prestasi, menjadi tanggung jawab Kemenpora.
 
Berbagai hal penting yang disampaikan Menpora di antaranya soal bagaimana Kemenpora menindaklanjuti amanat Perpres 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON). Berbagai regulasi disusun untuk mendongkrak prestasi atlet, yakni Permen Kriteria dan Standar Pengembangan Bakat Calon Atlet Berprestasi, serta Pemberian Penghasilan dan Fasilitas Atlet dan Pelatih Berprestasi. Ada pula Pedoman Seleksi Calon Atlet dan Pelatih Berprestasi, dan lain sebagainya.

Mengenai persiapan menuju Asian Games, progres prestasi atlet periode Januari-Maret 2018 juga mulai tampak. Misalnya, Indonesia Masters cabor bulutangkis meraih dua emas, India Open dua emas, dan All England membawa pulang satu emas. Cabor paragliding accuracy di World Cup Turki juga mendapat satu emas, serta wushu di Moskow meraih tiga emas.
 
"Kabar baik berdatangan. Mereka, para atlet yang sedang tryout, mencetak prestasi gemilang. Namun kita masih perlu menunggu hingga akhir Juni untuk memastikan 10 besar," ujar Imam, dikutip keterangan tertulis.
 
Sementara itu, Agum Gumelar menggarisbawahi persoalan keamanan. Mengingat, akhir-akhir ini terjadi teror yang mengusik rasa aman di tengah masyarakat. Kemenpora dan INAPGOC mengambil langkah kordinatif dengan pihak keamanan negara untuk mengatasi hal tersebut, sehingga Asian Games yang dihadiri 45 negara asing bakal tercipta suasana damai dan aman.
 
"Saya tekankan betul tentang kemanan. INAPGOC dan Kemenpora sudah berkoordinasi dengan aparat kemanan untuk menciptakan rasa aman, tenteram, dan nyaman bagi masyarakat dan tamu negara. Sudah dilaporkan juga bahwa sekarang orientasinya action. Bukan planning lagi," ucap Agum.


(ROS)