Kemenpora Berambisi Hidupkan Kembali PPPON

   •    09 April 2018 07:20 WIB
kemenpora
Kemenpora Berambisi Hidupkan Kembali PPPON
Serah terima 132 pejabat Kemenpora oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di PPPON Cibubur, Jakarta Timur.

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga berambisi menghidupkan kembali Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON). Salah satunya, melantik 132 pejabat Kemenpora oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di PPPON Cibubur, Jakarta Timur.
 
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah mengatakan, dijadikannya PPPON Cibubur sebagai tempat sertijab memiliki makna khusus, yakni menyegarkan dan menegaskan kembali pentingnya PPPON sebagai kawah candradimuka pembangunan pemuda Merah Putih.
 
"Kami sengaja melaksanakan sertijab di PPPON. Mengapa? Untuk mengangkat kembali marwah PPPON. Dulu PPPON adalah ikon pemuda," ujar kata Faisal usai acara sertijab Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, Senin 9 April 2018.
 
Dia mengungkapkan, PPPON puluhan tahun menjadi kawah candradimuka penggemblengan kepemimpinan tunas muda harapan bangsa. PPPON juga terkenal menjadi tempat berbagai program dan perhelatan pembinaan pemuda nasional.
 
Sertijab yang melibatkan 23 pejabat eselon II hingga IV ini disaksikan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam dan Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal.
 
"Banyak kader yang lahir dari PPPON dengan berbagai programnya, antara lain TANASDA, TARPADNAS, PPBN. Bahkan Paskibraka dan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)," kata Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal.

Baca: Menpora Dorong Lahirnya Atlet Berprestasi dari Pondok Pesantren

Guna mengembalikan marwah PPPON sebagai ikon Pemuda, pihaknya menjadikan tempat yang menyediakan berbagai fasilitas tersebut, sebagai model Sentra Pemberdayaan Pemuda (SPP) tingkat nasional. Sehingga dapat menjadi rujukan terbentuknya SPP di daerah.
 
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam menyambut positif tekad mengangkat kembali marwah PPPON. Bahkan sudah menyiapkan perhelatan akbar di tempat tersebut.
 
“Pada 2 Mei nanti, akan dilaksanakan pertemuan pemuda tingkat ASEAN. Kegiatan kepemudaan pelajar ini dalam momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional dan melibatkan organisasi yang berbasis pelajar seperti PMII, IMM dan lainnya, aka dihadiri sekitar 5 ribu pemuda," kata Niam.
 
Kepala PPPON, yang baru saja dilantik, Suryati juga menyambut baik dijadikannya PPPON sebagai tempat sertijab ini.
 
"Saya berharap semua pemangku kepentingan mengangkat PPPON, sebagai National Youth Center misalnya," kata Suryati.




(FZN)