AFF Futsal 2018

Thailand Juara AFF Futsal 2018

Gregorius Gelino    •    11 November 2018 17:52 WIB
futsalPiala Aff Futsal
Thailand Juara AFF Futsal 2018
Timnas futsal Thailand juara AFF Futsal 2018 (medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Yogyakarta: Timnas futsal Thailand resmi menjadi juara AFF Futsal 2018. Kepastian itu didapat setelah Thailand mengandaskan perlawanan Malaysia 4-2 dalam laga yang dihelat di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (11/11) sore tadi.

Kedua tim tampil menyerang sejak awal laga. Dalam semenit pertama, kiper Malaysia bahkan sudah harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari ancaman pemain Thailand.

Hanya dua menit setelah peluang pertama, Thailand langsung mencetak gol pembuka. Adalah Muhammad Osamanmusa yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan kerasnya menghujam gawang Malaysia yang dikawal Azrul Hadee.

Tertinggal satu gol membuat Malaysia lebih agresif dalam menyerang. Hasilnya peluang didapat sang kapten, Khairul Effendy. Sayang sepakannya melenceng di samping gawang Thailand.

Malaysia akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-11. Sepakan Awaludin Mat nawi tidak dapat dihentikan kiper Thailand.

Namun Thailand sukses menambah gol pada ke-16. Jetsada Chudech membawa Thailand kembali unggul setelah tembakan akuratnya menggetarkan jala Malaysia. Hingga babak pertama berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Thailand masih bertahan.

Dominasi Thailand berlanjut pada babak kedua. Alhasil gol pun kembali tercipta berkat aksi Apiwat Chaemcharoen pada menit ke-25.

Tertinggal dua gol memaksa Malaysia menerapkan skema powerplay. Skema tersebut terbukti manjur setelah Malaysia mampu memperkecil ketinggalan di menit 34 berkat gol Khairul Effendy. 

Namun euforia Malaysia tak bertahan lama. Dua menit setelah gol kedua Harimau Malaya, giliran pasukan Gajah Putih yang mencetak gol. Adalah Chaivat Jamgrajang yang menjadi mimpi buruk Malaysia.

Hingga pertandingan berakhir, Thailand mampu mempertahankan keunggulan 4-2 mereka atas Malaysia. Hasil ini membuat Thailand menyabet gelar juara dan memaksa Malaysia puas dengan peringkat kedua.

Video: Kevin/Markus Tembus Final Tiongkok Terbuka