Islamic Solidarity Games 2017

ISG 2017 Berakhir, Indonesia Tempati Posisi 8

Achmad Firdaus    •    22 Mei 2017 21:25 WIB
olahraga
ISG 2017 Berakhir, Indonesia Tempati Posisi 8
Foto: Goggle Image

Metrotvnews.com, Baku: Kontingen Indonesia mengakhiri kiprahnya di Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 dengan menempati posisi delapan. Indonesia mengoleksi enam medali emas, 29 perak dan 23 perunggu.

Memasuki hari terakhir penyelenggaraan ISG, Senin 22 Mei 2017, Indonesia tidak lagi berpeluang meraih medali lantaran sudah tidak ada wakil merah putih yang bertanding. 

Posisi delapan menjadi pencapaian terbaik Indonesia di multievent olahraga antar negara-negara muslim tersebut. Sementara itu, Azerbaijan sebagai tuan rumah keluar sebagai juara dengan raihan 75 emas, 50 perak dan 37 perunggu. Azerbaijan mengungguli Turki sebagai runner-up dengan koleksi 71 emas, 67 perak dan 57 perunggu.

Capaian Indonesia ini sebenarnya meleset dari target yang dicanangkan, yakni menembus posisi lima besar. Meski begitu, hasil ini tetap harus diapresiasi karena para atlet yang bertanding sudah mengeluarkan segenap kemampuan terbaiknya.
 

Baca: KOI Sambut Hangat Kepulangan Tim Angkat Besi Indonesia


Hasil di ISG kali ini juga jadi pembelajaran yang bagus jelang tampil di dua event bergengsi, yakni SEA Games 2017 (Malaysia) dan Asian Games 2018 di mana Indonesia akan jadi tuan rumah.

Terlepas dari gagalnya kontingen Indonesia mencapai target, cabor renang dan angkat besi mampu memberikan hasil yang menggembirakan di ISG kali ini. Baik renang dan Angkat besi sama-sama menyumbangkan tiga medali emas untuk Indonesia.
 

Baca juga: Tantangan Indonesia di ISG 2017 Makin Berat


I Gede Siman Sudartawa jadi atlet yang paling bersinar usai menyumbangkan dua medali emas yang diraihnya pada nomor 50m dan 100m gaya punggung putra.

Selain Siman, beberapa atlet lain yang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di antaranya adalah: Nathaniel Gagarin (renang 200m gaya dada putra), Eko Yuli Irawan (angkat besi kelas 62kg putra), Sri Wahyuni (angkat besi kelas 48kg putri), dan Surahmat (angkat besi kelas 56kg putra).

Berikut klasemen akhir perolehan medali ISG 2017:


Video: ?Laga Pembuka Piala Sudirman, Tiongkok Menang 4-1 atas Hongkong
 


(ACF)