Jelang SEA Games 2017 Malaysia

Indonesia Kirim 534 Atlet ke SEA Games Malaysia

Rendy Renuki H    •    31 Juli 2017 22:20 WIB
sea games 2017
Indonesia Kirim 534 Atlet ke SEA Games Malaysia
Logo SEA Games 2017 Malaysia (Google)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kontingen Indonesia akan memberangkatkan 534 atlet ke GEA Games 2017 Malaysia, 19-30 Agustus mendatang. Keputusan itu diambil pada rapat finalisasi rencana keberangkatan kontingan Indonesia antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama stakeholder, Senin 31 Juli.

Pada rapat yang dipimin langsung Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, memutuskan sebanyak 534 atlet akan berangkat bersama 166 ofisial pelatih dan manajer serta 55 perangkat pendukung (KOI dan CdM). Sehingga total yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2017 sebanyak 755 orang.

Hal penting lainnya yang dibahas pada rapat tersebut adalah anggaran biaya keberangkatan. Seperti diketahui, kontingen SEA Games Indonesia akan didanai APBN sebesar Rp30,5 miliar.

(Baca: VEJO 2017 Resmi Bergulir Hari Ini)


Anggaran tersebut masih ada kekurangan Rp6 miliar, meski dalam perkembangannya PRIMA sepakat berkontribusi Rp5 miliar. Namun, menurut rilis Kemenpora, PRIMA bersedia kembali menutupi kekurangan tersebut, sehingga kebutuhan keberangkatan kontingen sudah terpenuhi.

Kemenpora pun meminta nota kesepahaman antara Kemenpora dan KOI sebagai dokumen hukum pemberian fasilitas tersebut harus dilakukan paling lambat 1 Agustus sore. Mengingat banyak kebutuhan yang harus dibelanjakan, karena anggaran baru akan cair beberapa hari setelah penandatanganan nota kesepahaman.

Dalam rilisnya, Kemenpora juga mengingatkan catatan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) pada LHP tahun 2016, agar pertanggung jawaban anggaran SEA Games 2017 dan Asean Para Games 2017 harus lebih baik dari pada event olahraga internasional sebelumnya. Ini semua dengan tujuan untuk memperkecil dan bahkan sedapat mungkin menghilangkan adanya temuan oleh BPK.

Video: CdM Sea Games Indonesia Tinjau Pelatnas di Bandung
 


(ACF)