SEA Games 2017

Juwita Niza Persembahkan Emas untuk Indonesia

Kautsar Halim    •    22 Agustus 2017 13:03 WIB
sea games 2017
Juwita Niza Persembahkan Emas untuk Indonesia
Juwita Niza Wazni. (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Juwita Niza Wazni berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2017. Prestasi itu ia ukir setelah bertanding di cabang olahraga (cabor) wushu nomor Nandao+Nan Gun. 

Pertandingan wushu yang dimainkan Niza berlangsung di venue KLCC Hall 5, Kuala Lumpur pada Selasa 22 Agustus. Jalannya laga terbilang cukup sengit karena skor akhir pertandingan sangat ketat.

Niza baru memastikan medali emas setelah mencatatkan poin 9,63. Torehan itu hanya berselisih 0,1 poin dengan Thuy Linh Nguyen yang meraih perak dan 0,2 poin dengan Thuc Anh Nguyen yang menyabet perunggu. Baik Thuyh dan Thuck sama-sama berasal dari Vietnam. 

Baca: Empat Wakil Indonesia Melenggang ke Babak Kedua


Malaysia yang berstatus sebagai tuan rumah sudah menurunkan dua wakilnya di nomor Nandao+Nan Gun, yakni Siong Lin Diana Bong dan Cheau Xuen Tai. Namum keduanya gagal menyabet medali karena hanya bertengger di urutan empat dan lima. 

Niza bukan nama baru di kancah wushu nasional maupun internasional. Ia merupakan juara bertahan SEA Games 2015, pemilik emas Asian Games Korea Selatan dan bahkan sudah punya pengalaman menjadi juara dunia. 

Berbicara seusai pengalungan medali, Niza mengaku gugup ketika meraih medali emas keduanya di ajang SEA Games. Terlebih lagi, ia memiliki riwayat cedera pinggang yang masih suka kambuh hingga kini. Kendati demikian ia tetap bersyukur dan senang telah berhasil melewati rintangan yang ada. 

Baca: Siman Sumbang Medali Emas Cabang Renang dan Pecahkan Rekor


"Senang banget bisa menang lagi. Saya berterimakasih kepada orang tua, pengurus wushu, masyarakat Indonesia dan negara juga," kata Niza.

"Saya baru fokus latihan untuk SEA Games baru beberapa bulan saja. Karena sering loncat dan latihan keras, pinggang saya jadi cedera. Tapi sekarang sudah membaik karena terapi tetap jalan terus," tambahnya. 

Niza bersama rombongan tim wushu Indonesia lainnya akan kembali ke Tanah Air pada esok hari, Rabu 23 Agustus. Misi Niza selanjutnya adalah menjadi yang terbaik di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Video: Raih Medali Emas, Ini Kunci Kemenangan Felda Santoso



(ASM)