Penggunaan Doping Hantui Paralimpiade 2016

Kautsar Halim    •    02 September 2016 15:34 WIB
olahraga
Penggunaan Doping Hantui Paralimpiade 2016
Pembalap sepeda Australia, Michael Gallagher. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Penggunaan doping tidak hanya terjadi kepada atlet-atlet normal yang berlaga dalam berbagai event. Ternyata, suplemen terlarang itu sudah merambah ke pentas Paralimpiade 2016, Rio de Janeiro.

Penemuan terbaru dalam pesta olahraga penyandang disabilitas itu terjadi kepada atlet balap sepeda asal Australia Michael Gallagher. Pria berusia 37 tahun itu terpaksa gagal mengikuti turnamen karena terdeteksi menggunakan doping berjenis EPO (erythropoietin).

Sebagaimana dilansir Daily Mail, tidak mudah bagi para tim antidoping  untuk membuktikan seorang atlet mengonsumsi doping. Pasalnya, tes doping kepada Gallagher sudah dilakukan sejak Juli lalu atau ketika masih menjalani pemusatan pelatihan (TC) di Italia.

"Tes doping sudah dikoordinasikan dengan ASADA. Itu dilakukan menjelang Paralimpiade Rio agar integritas kontingen Australia bebas dari doping bisa tetap terjaga," tulis sebuah pernyataan yang dikeluarkan perwakilan Badan Antidoping Olahraga Australia (ASADA).

Gallagher merupakan salah satu atlet berprestasi yang dimiliki Australia. Tercatat, ada dua medali emas yang pernah ia sumbangkan melalui kompetisi balap sepede nomor individual. Medali emas pertamanya lahir di Olimpiade 2008 Seoul, dan selanjutnya didapat melalui Olimpiade 2012 London.

EPO, jenis doping yang digunakan Gallagher, memang akrab dengan dunia balap sepeda. Suplemen terlarang itu kerap menyesatkan para atlet karena mampu meningkatkan kandungan oksigen dalam sel darah. Lance Armstrong yang merupakan pembalap sepeda legendaris dunia juga pernah disanksi gara-gara menggunakan EPO.

Paralimpiade Rio 2016 akan diputar pada 7 September mendatang. Event yang merupakan rangkaian Olimpiade 2016 ini akan bergulir selama 11 hari. (dailymail)


(ASM)

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

20 minutes Ago

Kondisi atlet hoki DKI Jakarta Dadan Mochammad Ramdhani yang mengalami luka di bagian kepala te…

BERITA LAINNYA