Jelang SEA Games 2017

PASI Belum Tentukan Wakil Indonesia untuk SEA Games 2017

Kautsar Halim    •    24 April 2017 18:23 WIB
atletik
PASI Belum Tentukan Wakil Indonesia untuk SEA Games 2017
Atlet Lari Gawang DKI Jakarta Emilia Nova (kiri) dan atlet lari 400 Meter Sumut Agustina (kanan) mengikuti tes kecepatan lari saat seleksi atlet Sea Games di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) belum menentukan atlet-atlet yang bakal turun di SEA Games 2017. Mereka beralasan masih menunggu laporan perkembangan atlet.

"Kami masih harus melihat perkembangan data terakhir para atlet. Tapi, sejumlah atlet seperti Maria Londa, Emilia Nova, dan Agus Prayogo masih mungkin turun," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor M. Tanjung di sela-sela acara pemberian bonus kepada atlet-atlet pemecah rekor nasional di Jakarta, Senin (24/4/2017).


Klik: Daftar Podium Moto2, Moto3 hingga MotoGP Austin


Maria Londa, lanjut Tigor, diproyeksikan akan turun pada nomor lompat jauh putri. Sedangkan Emilia Nova akan turun pada nomor lari gawang putri 100 meter dan saptalomba. Selain itu, Eki Febri Ekawati akan turun pada nomor tolak peluru dan Suwandi Wijaya pada nomor lompat jauh putra. "Kami masih menunggu hasil data terbaru dari Hendro untuk nomor jalan cepat karena sekarang dia masih berlatih di Spanyol," jelas Tigor.

Sebelum mengarungi SEA Games 2017 di Malaysia pada 19 - 31 Agustus, para atlet atletik Indonesia juga akan diikutsertakan dalam event Islamic Solidarity Games 2017 di Baku, Azerbaijan, pada Mei mendatang. Event itu akan tetap dijadikan sebagai salah satu ujian atlet atletik Indonesia, namun tidak ada target khusus yang ditetapkan.

"ISG itu tidak ada dalam agenda Komite Olimpiade Internasional (IOC) sehingga kami tidak terlalu memperhitungkan prestasi di sana. Target jangka panjang kami adalah Olimpiade Tokyo 2020," kata Tigor.


Klik: Rossi Tak Menyangka Bisa Tampil Konsisten di Awal Musim


Pada nomor lari estafet putra 4x100 meter, Tigor masih optimistis atlet-atletnya mampu mencetak prestasi di SEA Games 2017. Itu ia yakini meskipun ada pergantian formasi setelah Mohamad Rozikin mengalami kecelakaan pada Sabtu, 8 April lalu.

"Kami sudah menentukan pengganti Rozikin yaitu Eko Rimbawan pada tim estafet putra. Saat ini tim estafet putra masih mengikuti Asian Grand Prix di China dan Taiwan. Mereka juga akan mengikuti ISG 2017 dengan pergantian formasi pada Yaspi Boby," tutup Tigor. (ANT)


(KAU)