Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia Minta Maaf Lewat Twitter

Kautsar Halim    •    20 Agustus 2017 00:42 WIB
sea games 2017
Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia Minta Maaf Lewat Twitter
Foto bendera Indonesia terbalik. (Foto: Dok. Kemenpora)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin langsung melayangkan permintaan maaf atas adanya kesalahan cetak di buku panduan SEA Games 2017. Ia mengaku menyesal dan menyebutkan pihaknya tidak bermaksud berbuat jahat atas kesalahan tersebut.

Permintaan maaf itu merupakan bentuk jawaban spontan atas respons Menpora Indonesia Imam Nahrawi yang kecewa seusai menghadiri langsung seremoni pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu 19 Agustus.

Seperti diketahui, Imam kecewa karena mendapati warna bendera Merah Putih dicetak terbalik pada salah satu halaman buku panduan SEA Games 2017 yang dibagikan kepada seluruh tamu undangan dan awak media. Jumlah tamu undangan dan media itu bahkan bisa mencapai ribuan. 

Baca: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2017, Menpora Geram


"Bapak Imam, mohon terima permintaan maaf saya atas kesalahan ini. Sesungguhnya kami tidak ada niat jahat. Saya sangat menyesalkan kesalahan ini bisa terjadi. Mohon maaf," tulis Khairi ketika mengomentari keterangan foto buku panduan SEA Games 2017 yang diunduh Imam di twitter.

Sejatinya, bukan hanya bendera Merah Pitih saja yang dicetak terbalik oleh pihak Masoc. Namun, pada halaman sebelumnya yang menjelaskan tentang perolehan medali SEA Games 2011 Palembang, bendera Indonesia juga tertukar dengan Thailand.

Baca: Bendera Indonesia Terbalik, Menpora: Hal Sembrono dan Tidak Pantas


Meski sudah meminta maaf lewat dunia maya, besar kemungkinan Indonesia tidak akan menerimanya begitu saja. Pasalnya, kesalahan itu teramat sepele dan hanya dialami oleh Indonesia saja. Padahal, terdapat 10 negara lainnya yang mengikuti SEA Games 2017 namun tidak ada kesalahan serupa yang ditemukan.



Belum jelas tindakan pihak Indonesia selanjutnya atas insiden ini. Namun, Imam sudah mengklaim bakal mengajukan protes terhadap panitia penyelenggara SEA Games Malaysia (Masoc). 

Menurut Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, salah satu langkah untuk mengajukan protes itu bisa melalui Ketua Kontingen (CdM) Indonesia Azis Syamsudin.

"Jika terungkap faktanya (ada kemungkinan mereka berkilah macam-macam alasan), maka Indonesia melalui KBRI juga bisa mengajukan nota keberatan. Mulai dari yang soft hingga yang hard tergantung dari tingkat kesalahan mereka. Bagaimana pun juga Malaysia bukan sekali ini jadi tuan rumah event olahraga internasional sehingga harusnya sensitif," papar Gatot dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Video: Agus Prayogo Sumbang Perak untuk Indonesia
 


(ASM)