Tour de Banyuwangi-Ijen Memasuki Etape Terakhir, Hari Ini

Tri Kurniawan    •    30 September 2017 09:56 WIB
itdbi banyuwangi
Tour de Banyuwangi-Ijen Memasuki Etape Terakhir, Hari Ini
(Foto:Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Hari ini, pembalap akan menuntaskan International Tour de Banyuwangi-Ijen 2017. Etape 4 akan menempuh jarak sejauh 98,1 kilometer yang dimulai dari Pondok Pesantren Darussalam di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi.

Jarak tempuh etape 4 paling pendek dibandingkan 3 etape sebelumnya. Pembalap akan melewati perkampungan, perkebunan, dan berakhir di kantor bupati Banyuwangi. Di lintasan dalam kota, pembalap akan keliling enam kali. Lintasan di dalam kota cenderung landai.


(Foto:Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Etape 4 akan menentukan pembalap yang menjuarai (jersey kuning) ITdBI 2017. Hingga etape 3, jersey kuning masih dipegang Davide Rebellin, pembalap tim Kuwait-Cartucho.es.

Secara keseluruhan, ia mencatat waktu 11 jam 25 menit 08 detik. Di bawah Rebellin ada Amir Kolahdouzhagh. Selisih waktu antara keduanya 46 detik. Menarik menyaksikan etape ke empat, apakah Amir berhasil lebih cepat atau Rebellin semakin jauh meninggalkan pembalap lain.

(Foto:Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Amir siap bertarung hingga akhir, meski demikian ia tidak yakin akan menjadi juara. "Etape besok (hari ini) lintasannya datar, dan itu bukan spesialisasi saya. Saya yakin, besok yellow jersey masih dipegang Rebellin," kata Amir usai memenangi etape 3, Jumat 29 September 2017.

Sejak pagi, masyarakat dan santri sudah berkumpul di depan Pondok Pesantren Darussalam. Yang menarik dari etape ini, pembalap akan menggunakan sarung dan songkok sebelum start. Ini adalah sebagai upaya mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.


(ROS)