Bintang PON 2016

Eka Setiawati: Staf Satpol PP yang Jago Gulat

Kautsar Halim    •    28 September 2016 13:14 WIB
pon 2016
Eka Setiawati: Staf Satpol PP yang Jago Gulat
Eka Setiawati (tengah) saat prosesi pengalungan medali PON XIX/2016 Jawa Barat (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepingan medali emas kembali jatuh ke tangan Jawa Barat selaku tuan rumah PON 2016 Jabar. Salah satunya lewat Eka Setiawati yang tampil di cabang olahraga gulat kelas female wrestling seniors 58 Kg putri.

Dibalik keberingasannya membanting lawan, ternyata Eka memiliki keseharian yang menarik, yakni menjadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Sejatinya, Eka bukanlah nama baru di dunia gulat domestik. Ia sudah keluar masuk pelatnas dan mampu berprestasi lewat dua PON sebelumnya. Pengalaman terbaiknya bahkan sempat tercipta lewat pada SEA Games 2011.
 

BACA: Keributan Kembali Pecah di Arena Gulat PON 2016


"Ini adalah PON ketiga saya. Sebelumnya, PON 2008 dapat perunggu dan PON 2012 juga dapat perak. Kalau prestasi terbaik bisa dibilang ketika meraih perunggu di SEA Games 2011," kata Eka seusai seremoni pengalungan medali PON 2016 Jabar, Selasa, (27/9/2016).

Kesuksean Eka sebagai jagoan gulat tidak datang begitu saja. Ia mengaku sudah mempelajarinya sejak duduk di bangku SMA kelas 1 dan harus gagal terlebih dahulu. Pilihannya jatuh kepada gulat karena lama-kelamaan  menjadi hobi.  

"Awalnya memang kalah-kalah dulu, tapi semuanya butuh proses," ujar gadis berusia 26 tahun itu.

Demi mengejar prestasi, Eka juga terpaksa memiliki gaya hidup yang berbeda dengan wanita pada umumnya. Ia harus meninggalkan keluarga untuk berlatih ke luar negeri, mengorbankan waktu luang, serta wajib menjaga pola makan. Beruntung, Eka menikmati hidup seperti itu dan mendapat restu dari orang tuanya.
 

BACA JUGA: Pegulat Kalsel Beberkan Penyebab Kericuhan di Cabor Gulat PON 2016


"Jadi pegulat itu sih enggak ribet, cuma latihannya harus lebih giat lagi dan pinter-pinter bagi waktu. Selama dilatih orang Korea Selatan, saya liburnya hanya hari Minggu, kemudian latihannya seperti minum obat, yaitu sehari tiga kali," papar anak pertama dari enam bersaudara tersebut.



Di sela-sela kesibukannya sebagai petarung, ternyata Eka memiliki pekerjaan yang cukup seru, yakni menjadi staff Satpol PP. Profesi itu baru ia geluti sekitar setahun belakangan ini, dan bisa diandalkan apabila sudah tidak bergulat.

"Selain gulat, saya juga bekerja di Satpol PP. Tapi saya bukan yang bagian keliling-keliling. Di sana saya jadi staf-nya. Enggak tahu juga bisa tertarik jadi Satpol PP, namun saya nyaman saja di sana," tutup Eka.

Terlepas dari itu, Eka merupakan sosok wanita yang sangat menyayangi keluarga. Pasalnya, bonus medali emas sempat disebutkannya bakal digunakan untuk perbaikan rumah, kemudian adiknya yang nomor empat juga selalu berada di dekatnya.

BIODATA
Nama: Eka Setiawati 
Tempat,Tanggal Lahir: Bandung, 5 Mei 1990 
Bidang Olahraga: Gulat 
Zodiak: Taurus               
Nama Ayah: Udeng      
Nama Ibu: Neni               
Hobi: Jalan                
Makan kesukaan: Sop Iga, Sop Buntut, Buah Anggur
Prestasi:
- Medali Perunggu PON XVII/2008 Kaltim
- Medali Perak PON XVIII/2012 Riau
- Medali Perunggu SEA Games 2011 Jakarta-Palembang
- Medali Emas PON XIX/2016 Jawa Barat


(ACF)