Kaleidoskop Olahraga Januari 2017

Januari: Gempar Penggunaan Doping Atlet PON & Kebangkrutan Manor Racing

Krisna Octavianus    •    22 Desember 2017 11:45 WIB
kaleidoskop 2017
Januari: Gempar Penggunaan Doping Atlet PON & Kebangkrutan Manor Racing
Ilustrasi (foto: dok Antara)

Jakarta: Berita olahraga pada awal tahun 2017 dikejutkan dengan penggunaan doping dari arena Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pepernas 2016. Beberapa atlet positif doping dan membuat Menpora, Imam Nahrawi bertindak tegas.

Kabar tak sedap itu adalah mengenai 14 atlet yang ketahuan mengonsumsi doping pada ajang tersebut.

Kabar ini terasa lebih mengejutkan karena lima di antara pengguna doping itu berasal dari Jawa Barat yang merupakan tuan rumah dari ajang PON 2016. Tiga penggunanya merupakan dari atlet cabor binaraga, yaitu Roni Romero, Zainal, dan Iman Setiaman.

Satu pengguna doping dilakukan oleh atlet menembak, Agus Waluyo. Sisanya adalah atlet dari cabor Atletik, Cucu Kurniawan.

Selain itu, kabar menarik yang terjadi pada Januari dari ajang F1. Mantan tim Rio Haryanto, Manor Racing resmi tidak bisa ikut mengaspal pada F1 tahun ini. Itu disebabkan karena mereka mengalami kebangkrutan.

Berikut kejadian menarik di olahraga selama Januari 2017 yang berhasil kami rangkum:

6 Januari
Pemilik Sirkuit Silverstone, British Racing Drivers Club (BRDC) mengungkapkan bahwa mereka mulai serius memikirkan untuk tak lagi menggelar balapan Formula One (F1). Dana menggelar balapan F1 yang membengkak menjadi alasan. (baca selengkapnya di sini)

9 Januari
Dua atlet binaraga asal Jawa Tengah peraih medali dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Bandung, Jawa Barat, yang positif doping siap memberikan pembelaannya. Ini buntut ditemukannya bukti pemakaian doping oleh atlet yang turun di ajang PON 2016. (baca selengkapnya di sini)

11 Januari
Olahraga tanah air telah dikejutkan dengan pemberitaan tak sedap mengenai atlet PON dan Papernas 2016 pada Selasa 10 Januari. Kabar tak sedap itu adalah mengenai 14 atlet yang ketahuan mengonsumsi doping pada ajang tersebut.

Kabar ini terasa lebih mengejutkan karena lima di antara pengguna doping itu berasal dari Jawa Barat yang merupakan tuan rumah dari ajang PON. Tiga penggunanya merupakan dari atlet cabor binaraga, yaitu Roni Romero, Zainal, dan Iman Setiaman. Mendengar kabar ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan akan bertindak tegas. (baca selengkapnya di sini)

11 Januari
Usaha NBA untuk menjadi olahraga tontonan global semakin terwujud. Itu terjadi ketika mereka akan menggelar pertandingan musim reguler di London dan Mexico City secara bersamaan pada Jumat 13 Mei pagi WIB. (baca selengkapnya di sini)

12 Januari
Pihak Donington Park membantah akan menggelar balapan F1. Melalui Managing Director Donington Park, Christopher Tate, mereka tak mau menyelenggarakan ajang balap tersebut. (baca selengkapnya di sini)

12 Januari
Penolakan Golden State Warriors untuk berkunjung ke Gedung Putih karena tidak suka dengan Donald Trump membuat komisioner NBA, Adam Silver angkat bicara. Dia menegaskan, tradisi berkunjung ke Gedung Putih harus tetap dilanjutkan meski penggawa Warriors tidak menyukai sosok Trump. (baca selengkapnya di sini)

13 Januari
Ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari absen enam bulan. Itu terjadi karena Nitya harus menjalani operasi dan pemulihan cedera lutut yang dia derita. (baca selengkapnya di sini)

14 Januari
Kabar buruk datang dari mantan tim yang dibela Rio Haryanto di ajang F1, Manor Racing. Mereka mengalami kesulitan dana dan mulai mencari investor baru. (baca selengkapnya di sini)

16 Januari
Tak ada ampun buat atlet pengguna doping. Hal itu dilakukan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menghukum delapan atlet yang gagal melalui tes antidoping. Akibatnya keikutsertaan dan gelar yang mereka dapatkan pun dicabut. (baca selengkapnya di sini)

17 Januari
Mantan rekan setim Rio Haryanto, Pascal Wehrlein, resmi bergabung dengan Sauber. Dia menggantikan posisi Valtteri Bottas yang bergabung dengan Mercedes. (baca selengkapnya di sini)

19 Januari
Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Indonesia (PP PBSI) akhirnya resmi dilantik hari ini, Kamis 19 Januari siang WIB di Hotel Century, Senayan, Jakarta. Ketum PBSI yang baru, Wiranto menjanjikan akan mengembalikan kejayaan bulu tangkis Indonesia di kancah dunia. (baca selengkapnya di sini)

24 Januari
Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, mengunjungi destinasi wisata Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ini menjadi hari bersejarah bagi Labuan Bajo karena dikunjungi pembalap papan atas MotoGP. (baca selengkapnya di sini)

28 Januari
Pupus sudah harapan tim Manor untuk berkompetisi di ajang F1 2017. Kesempatan itu dipastikan hilang lantaran mereka gagal mendapat investor baru hingga Jumat 27 Januari waktu setempat dan dinyatakan bangkrut. (baca selengkapnya di sini)

31 Januari
Ragam cara dilakukan tim-tim balap di MotoGP untuk mengakali pengetatan regulasi balap di MotoGP. Mulai dari mengubah desain windshield, penggunaan 'salad box' ala Ducati, dan paling baru adalah penambahan winglet tersembunyi yang dikembangkan oleh Yamaha. (baca selengkapnya di sini)

 


(KRS)