Jelang Asian Para Games 2018

Atlet Balap Kursi Roda Mengajukan Peralatan Terbaru untuk Asian Para Games 2018

Pythag Kurniati    •    14 Desember 2017 17:04 WIB
asian para games
Atlet Balap Kursi Roda Mengajukan Peralatan Terbaru untuk Asian Para Games 2018
Atlet balap sepeda Doni Yulianto. (Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati)

Solo: Atlet balap kursi roda mengajukan peralatan terbaru untuk digunakan pada ajang Asian Para Games 2018. Pengajuan itu telah disampaikan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kami mengajukan peralatan terbaru untuk pertandingan Asian Para Games dan kami harap disetujui," ujar salah seorang atlet balap kursi roda, Doni Yulianto saat menghadiri Sosialisasi Asian Para Games 2018 di Kota Solo Jawa Tengah, Kamis 14 Desember 2017.

Doni menuturkan, selama ini atlet balap kursi roda Indonesia telah menggunakan alat berstandar internasional. "Namun masih ada alat dengan kualitas di atasnya yang bisa menunjang kemenangan," beber Doni kepada wartawan.

Alat yang saat ini dipakai oleh para atlet balap kursi roda Indonesia terbuat dari campuran karbon dan aluminium. Sedangkan alat yang diusulkan menggunakan bahan karbon penuh.

Baca: Komandan Kontingen Indonesia di Asian Games Diputuskan Januari 2018


"(Alat terbaru yang diajukan) Lebih enteng dan lebih aerodinamis," imbuhnya.

Doni juga menerangkan berat alat yang saat ini digunakan atlet balap kursi roda Indonesia yakni 7 kilogram. Sedangkan alat yang diusulkan seberat 5 kilogram. "Harga alat yang kami usulkan sekitar Rp 250 juta," kata Doni.

"Sepengetahuan saya baru ada dua negara yang menggunakan alat keluaran terbaru itu. Yaitu Jepang dan Thailand," tutur Doni.

Baca: CLS Knights Takluk dari Slingers


Peraih medali emas di nomor kursi roda 1.500 meter T54 putra ASEAN Para Games 2017 di Malaysia itu menegaskan, kemenangan Indonesia di ajang ASEAN Para Games memicu para atlet berlaga lebih baik di Asian Para Games 2018.

"Targetnya naik dua peringkat dari peringkat 9 ke peringkat 7. Kami akan berjuang," katanya.

Kenaikan target tersebut tak lepas dari status Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Ajang ini akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Sebanyak 17 cabang olah raga dengan 582 nomor pertandingan akan digelar selama 6-13 Oktober 2018.

Video: BWF Super Series Finals, Marcus/Kevin Sukses Taklukkan Duo Denmark


(ASM)