Polemik Dana Pelatnas Asian Games 2018

Tolak MoU, PB Cabor Terancam Tak Dapat Kucuran Dana Pelatnas

Kautsar Halim    •    11 Januari 2018 21:26 WIB
asian games 2018
Tolak MoU, PB Cabor Terancam Tak Dapat Kucuran Dana Pelatnas
Mulyana Kepala Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Kemenpora berupaya keras agar persoalan anggaran pelatnas Asian Games 2018 bisa selesai pada pekan ini. Oleh karena itu, mereka mengimbau semua Pengurus Besar (PB) cabang olahraga agar segera menandatangani Nota Kesepahaman (MoU).

MoU diperlukan sebagai bentuk kesepakatan penerimaan anggaran bagi tiap-tiap PB yang terkait. Namun pada kenyataannya, masih banyak PB yang belum menandatangani karena tidak setuju dana permintaannya mengalami pemotongan.

Polemik tersebut akhirnya bisa terselesaikan seusai Kemenpora melakukan pertemuan dengan KONI pada Kamis 11 Januari. Saat itu, diputuskan bahwa tidak akan ada ampun lagi bagi PB yang belum menandatangani MoU.
 

Baca: Besok, Kemenpora Rampungkan Polemik Dana Pelatnas Asian Games


"Kalau belum tanda tangan, terpaksa akan kami tinggalkan. Pasalnya, kami juga dikejar tenggat waktu agar bisa menyelesaikan persoalan anggaran pelatnas ini hingga 15 Januari," ujar Mulyana selaku Kepala Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kemenpora usai bertemu dengan perwakilan KONI.

Ditimpal Eka Wahyu Kasih selaku Waketum KONI, Kemenpora tidak akan sendirian ketika mengatasi persoalan anggaran pelatnas. Ia menegaskan, KONI akan ikut berpartisipasi dalam pengawasan aliran dana yang telah disetujui.

"Kami akan melaporkan secara berkala kepada menteri. Apabila ada hal-hal yang tidak sesuai kebijakan, pasti akan dikembalikan ke Kemenpora," tutur Eka.
 

Baca juga: Februari, Daud Yordan Naik Ring di Inggris


Dijelaskan lebih lanjut oleh Mulyana, dari 40 cabor yang berpartisipasi baru delapan cabor saja yang sudah menandatangani MoU. Cabor tersebut di antaranya; bulu tangkis, paralayang, pencak silat, rugby, bola tangan, balap sepeda, angkat besi, sepatu roda. 

Meski memberikan peringatan keras, Kemenpora tetap memberikan kesempatan bagi cabor yang belum menandatangani MoU. Namun kesempatan terakhir itu hanya diberikan hingga Jumat 12 Januari besok.

Jika masih tidak mau menandatanganinya, Kemenpora dipastikan tidak akan memberikan dana sama sekali bagi PB cabor tersebut. Jadi PB Cabor itu dipersilakan tetap ikut Asian Games, namun dengan kocek sendiri.

Video: ?Hadapi Islandia, Milla Panggil 24 Pemain




(ACF)