Tour de Singkarak 2018

Abdurrohman Ingin Pertahankan Jersey Merah Putih Hingga TdS 2018 Tuntas

Kautsar Halim    •    10 November 2018 08:48 WIB
tour de singkarak
Abdurrohman Ingin Pertahankan Jersey Merah Putih Hingga TdS 2018 Tuntas
Pemegang jersey Merah Putih, Muhammad Abdurrohman (medcom.id/Kautsar Halim)

Payakumbuh: Pembalap tim KFC, Muhammad Abdurrohman, belum tergantikan sebagai pembalap terbaik Indonesia di ajang Tour de Singkarak 2018. Jersey Merah Putih yang dijadikan simbol atas prestasi itu sudah ia kenakan selama lima etape (2, 3, 4, 5 dan 6).

Ketika etape 6 selesai, Jumat 9 November, Abdurrohman memang kalah dari Jamal Hibatulah yang menjadi pembalap tercepat Indonesia. Tapi, catatan total waktu Abdurrohman masih belum bisa dikejar pembalap lain, termasuk Jamal.

Abdurrohman memimpin klasemen sementara jersey Merah Putih dengan total waktu 22 jam 30 menit dan 54 detik. Torehan itu berselisih hingga 9 menit 51 detik dengan Jamal dan berjarak 1 menit 29 detik dengan Abdul Soleh yang merupakan rekan setim. 

Baca juga: Giliran Pembalap Afrika Selatan Menangi Etape 6 TdS 2018

Berbicara seusai balapan etape 6, Abdurrahman mengaku bersyukur masih bisa mempertahankan jersey Merah Putih selama lima etape yang menjadi pencapaian terbaik dalam tiga kesempatan tampil di TdS. Tapi, pencapaian itu lebih dikarenakan terwujud berkat kerjasama tim.

"Balapan tadi sangat ketat karena waktu 0 km sudah ada pembalap dari tim Bike Aid yang tampil agresif. Saat pertengahan balapan juga ada serangan, tapi saya tidak tahu dari tim mana," kata Abdurrahman soal balapan etape 6.

"Alhamdulilah-nya, saya masih bisa pertahankan jersey Merah Putih berkat kerjasama tim. Sebetulnya, prestasi Individu ini hanya mengikuti dari penampilan baik seluruh bagian tim saja. Tapi mudah-mudahan bisa saya pertahankan hingga kejuaraan usai," tambahnya.

Baca juga: Balapan Itik Meriahkan Finis Etape 6 TdS 2018

TdS 2018 berlangsung selama delapan hari (4-11 November) dengan jarak tempuh total lebih dari 1.200 km. Abdurrahman mengatakan harus pintar-pintar menjaga pola makan dan pola istirahat agar bisa tetap prima di tiap etape. Oleh karena itu, dia pun belum bisa mencicipi berbagai hidangan khas Minang maupun berjalan-jalan menikmati alam Sumatera Barat.

"Selama kejuaraan, hindari dulu makanan yang digoreng dan berlemak. Paling, biasanya saya makan sereal dan buah setiap hari. Kemudian, kalau istirahat itu biasanya sudah tidur jam 22.00 WIB. Setelah ini selesai, baru saya jalan-jalan dan menikmati berbagai keindahan Sumatera Barat," tutup Abdurrahman.

Video: ?Abdurrohman Ingin Pertahankan Jersey Merah Putih Hingga TdS 2018 Tuntas

 


(KAU)