AFF Futsal 2018

Pelatih Futsal Vietnam: Suporter Cetak Dua Gol untuk Indonesia

Ahmad Mustaqim    •    11 November 2018 16:40 WIB
Piala Aff Futsal
Pelatih Futsal Vietnam: Suporter Cetak Dua Gol untuk Indonesia
Pelatih Vietnam Miguel Jose Rodrigo Conce Salazar (kiri). Medcom.id-Ahmad Mustaqim

Sleman: Vietnam kalah 1-3 dari Indonesia pada laga perebutan peringkat ketiga dalam ajang Piala AFF Futsal 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Minggu, 11 November 2018. Suporter dinilai menjadi faktor kemenangan Indonesia.

Pelatih Timnas Futsal Vietnam, Miguel Jose Rodrigo Conce Salazar, mengatakan timnya bermain cukup baik pada 10 menit awal babak pertama. Mereka unggul lebih dulu pada menit empat lewat Dang Anh Tai.

Setelah gol itu, Vietnam kesulitan menahan serangan Indonesia dan kedudukan menjadi 1-1 setelah Andri Kustiawan mencetak gol.

"Pada babak kedua, setelah mereka membalikkan keadaan menjadi 2-1, Kensuke memutuskan untuk bertahan dan memainkan serangan balik, dan itu berjalan sangat baik," kata Miguel sesuai pertandingan.

Miguel berkata, sejumlah keputusan pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, dinilai sangat berpengaruh signifikan pada tim. Puncaknya saat Indonesia membalikkan keadaan lewat gol Subhan Faidasa dan tendangan bebas Bambang Bayu Saptaji.

"Mereka menghukum kami dengan permainannya. Mereka mencetak gol yang sangat baik, fantastik gol. Kami mencoba memainkan power play, tetapi mereka bertahan dengan sangat baik. Kesimpulannya, mereka layak memenangkan pertandingan hari ini. Saya mengucapkan selamat untuk Indonesia," ujarnya.

Miguel juga mengatakan atmosfer GOR UNY juga sangat mendukung untuk Timnas Futsal Indonesia. Menurutnya, para pemain Indonesia terus bermain baik meski dalam kondisi sudah kelelahan.

"Teriakkan para penonton membuat para pemain Indonesia mengeluarkan segenap kemampuan terakhirnya. Mereka memimpin permainan ini dan kami tidak bisa mengambil alih. Jadi, menurut pandangan saya, Indonesia mencetak satu gol dan suporter mencetak dua gol untuk Indonesia. Jadi 3-1," ucapnya.

Di luar hasil itu, Miguel memuji Kensuke yang bisa menginstruksikan para pemain Indonesia untuk menerapkan pola yang tepat saat bertahan dan menyerang. Jika dibandingkan saat melawan Malaysia, ia menilai Indonesia bertahan lebih baik.

"Kami terus mencoba tetapi kami seperti menemui tembok besar. Itu artinya, saya pelatih yang baik, dan saya mengajarinya (Kensuke) cara bermain di level tertinggi," kata Miguel yang melatih Kensuke di Timnas Futsal Jepang 10 tahun lalu.

Kalah dari Singapura, Timnas Harus Maksimalkan Laga Sisa



(FIR)