Bonus Asian Para Games 2018

Atlet di Atas 35 Tahun Mengeluh tidak Bisa Jadi PNS, Ini Jawaban Kemenpora

Kautsar Halim    •    11 Oktober 2018 20:42 WIB
Asian Para Games
Atlet di Atas 35 Tahun Mengeluh tidak Bisa Jadi PNS, Ini Jawaban Kemenpora
Suasana pertandingan cabor catur di ajang Asian Para Games 2018 (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta: Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, merespons keluhan tim para catur Indonesia. Menurut dia, pihaknya belum bisa berbuat banyak atas harapan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pengangkatan menjadi PNS merupakan salah satu bonus yang dijanjikan pemerintah apabila mampu menyabet emas di Asian Para Games 2018. Sayangnya, bonus itu hanya bisa dinikmati para atlet yang berusia maksimal 35 tahun.

Di sisi lain, kebanyakan atlet para catur Indonesia sudah berusia lanjut atau di atas 35 tahun. Tak heran, jika akhirnya mereka mengeluh seusai mempersembahkan enam medali emas pada Rabu 10 Oktober lalu. 
 

Baca: Jendi Pangabean Tambah Perolehan Emas Indonesia


Tim para catur Indonesia sudah cukup tahu diri bahwa usia mereka sudah tidak lagi produktif untuk bekerja sebagai PNS. Oleh karena itu, mereka berharap agar bonus pengangkatan PNS itu diubah menjadi tunjangan dana pensiun bagi atlet yang berumur di atas 35 tahun.

Tak banyak yang dikatakan Gatot ketika dikonfirmasi medcom.id soal keluhan tim para catur Indonesia. Kendati demikian, dia menegaskan tetap mengapresiasi perjuangan tim asuhan Heri Gogor dan Sri Martono.

"Kalau soal itu, ketentuannya memang maksimal 35 tahun. Bukan aturan dari Kemenpora, tetapi sudah peraturan pemerintah," ketik Gatot via aplikasi Whatsapp, Kamis (11/9/2018).
 

Baca juga: Atlet Para Catur Indonesia Kecewa dengan Bonus Pemerintah


"Kami hanya patuh pada peraturan. Tetapi kami tetap menghargai perjuangan mereka," tambahnya mengakhiri percakapan.

Tim para catur Indonesia hanya ditargetkan menyumbang empat emas di ajang Asian Para Games 2018. Kemarin, Heri Gogor selaku manajer tim sempat mengatakan para pemainnya masih bisa menambah sekitar empat emas lagi lewat nomor catur cepat.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Ni Made Arianti Tambah Perak dari 400 Meter Putri




(ACF)