Kemenpora Gelar Gala Desa 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    28 September 2018 13:11 WIB
berita kemenpora
Kemenpora Gelar Gala Desa 2018
Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Alman Hudri (kanan) dan Bupati Sukabumi Bupati Sukabumi Marwan Hamami -- Foto: dok Kemenpora

Sukabumi: Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alman Hudri membuka secara resmi  Gala Desa 2018. Kegiatan itu dilaksanakan di Lapangan Gumbira, Kecamatan Nagrak, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 28 September 2018. Pembukaan ditandai dengan pemukulan servis bola voli bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Gala Desa 2018 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Sedikitnya  6.000 warga dari beberapa kecamatan mengikuti acara tersebut.

Alman mengapresiasi Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu tuan rumah Gala Desa 2018. Sebab, program ini merupakan bentuk pembudayaan olahraga bagi masyarakat desa.

"Terima kasih Sukabumi telah menjadi tuan rumah Gala Desa. Salah satu program unggulan Kemenpora yang melanjutkan nawacita Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka membangun pedesaan dari seluruh wilayah Indonesia," ujar Alman dalam keterangan tertulis.

"Kemenpora tentu berharap banyak. Secara umum, masyarakat Sukabumi akan terbangun melalui kegiatan Ayo Olahraga. Semoga ke depan akan lebih banyak program Kemenpora yang dapat kami luncurkan di Sukabumi untuk memajukan kesejahteraan dan kesehatan, sehingga nanti dapat berguna bagi bangsa dan negara kita," ujarnya menambahkan.

Program Gala Desa bersifat kompetisi yang dikemas profesional dengan melibatkan berbagai pihak. Gala Desa di Sukabumi diselenggarakan dalam bentuk pertandingan olahraga yang memilih empat cabang, yaitu bulu tangkis, tenis meja, atletik, dan bola voli.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami merasa bangga lantaran daerahnya mendapat kepercayaan untuk menggelar kegiatan Gala Desa 2018 tersebut. Kegiatan ini sekaligus memperingati momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 yang jatuh pada 9 September lalu.

"Haornas yang ditetapkan oleh Keputusan Presiden No. 67 tahun 1985, hakikatnya merupakan bentuk komitmen seluruh anak bangsa menempatkan olahraga sebagai salah satu program prioritas dalam pembangunan nasional. Sebagai prioritas, olahraga harus dibudayakan kepada masyarakat melalui program Gala Desa ini, agar berdampak pada tingkat kebugaran dan kesehatan masyarakat yang tinggi," ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pelepasan atlet Kabupaten Sukabumi untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018. Total kontingen Kabupaten Sukabumi berjumlah  410 orang, yang terdiri dari 217 atlet, 79 pelatih, 29 manajer, dan 85 ofisial.


(Des)